budaya

Kelenteng Leng Chun Keng Bersiap Menyambut Imlek

Kelenteng-kelenteng di Jambi sudah persiapan menyambut imlek, tinggal menyambut hari H.

Kelenteng Leng Chun Keng Bersiap Menyambut Imlek - persiapan-imlek-di-kelenteng-leng-chun-keng.jpg
Jaka HB
Deni selaku pengelola Kelenteng Leng Chun Keng menghidupkan lilin sumbangan umat untuk persiapan Imlek, pada Selasa (21/1).
Kelenteng Leng Chun Keng Bersiap Menyambut Imlek - pemasangan-bendera-untuk-persiapan-imlek-di-kelenteng-leng-chun-keng.jpg
Jaka HB
Bendera-bendera diasang untuk memperindah suasana di Kelenteng Leng Chun Keng sebelum Imlek tanggal 25 Januari 2020 nanti, pada Selasa (21/1).

Patung-patung dewa sudah dicuci tanggal 18 Januari lalu. Lampion-lampion sudah dipasang. Sedangkan bendera-bendera baru dipasang Selasa (21/1) ini di Kelenteng Leng Chun Keng kawasan Jelutung Kota Jambi.

Hangat sore menemani beberapa pemuda bersiap-siap untuk latihan barongsai malamnya. Sedangkan beberapa pengelola lainnya sibuk memasang bendera dan bersih-bersih sebelum imlek tanggal 25 Januari 2020.

Deni (64) salah satu pengelola menghidupkan dua lilin merah besar. Dia menyambung api dari lilin kecil pada genggamannya ke lilin besar yang lingkarannya setengah pelukan. Perkara menghidupkan lilin ini ternyata tergantung yang menyumbang.

“Ini pemiliknya sudah memperbolehkan untuk dinyalakan,” katanya sembari turun dari kursi agar sampai ke sumbu lilin  yang lebih tinggi.

Deni mengatakan jika pemilik lilin belum mengizinkan, maka lilin tidak boleh dihidupkan. Pemilik biasanya akan datang dan menghidupkan sendiri entah itu pada tengah malam saat masuk hari h imlek atau pun paginya.

Persiapan untuk imlek lumayan panjang. Tanggal 18 lalu mereka sudah mencuci patung dewa. Sebab dewa-dewa akan naik ke langit saat itu. Seain itu bersih-bersih dan pemasangan lampion pun sudah dilakukan dari beberapa hari sebelumnya.

“Tinggal bendera-bendera itu di pasang dan menunggu orang-orang yang menyumbang lilin,” katanya.

Kelenteng Leng Chun Keng dibangun selesai dibangun 2015 lalu di Jambi Timur.
Tampakan depan Kelenteng Leng Chun Keng pada Selasa (21/1).

Dia mengatakan acara yang ramai nantinya pada saat Cap Go Meh atau hari ke 15 setelah imlek. Acara itu melibatkan 5 kelenteng di lingkungan lorong kopi AAA. Tepatnya di kecamatan Jelutung.

Seperti tqhun-tahun sebelumnya Cap Go Meh di 5 kelenteng ini ramai oleh masyarakat yang menonton. Mulai dari arak-arakan barongsai dan lainnya.

Kelenteng Leng Chun Keng sendiri berlokasi di Lorong KONI I, Kelurahan Talang Jauh, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Kelenteng ini mulai dibangun pada 2012 dan rampung pada November 2015.

Ornamen-ornamen yang membangun suasana kelenteng ini diketahui diimpor langsung dari Tiongkok. Pengurus sengaja mengimpor agar nuansanya identik dan dapat menambah kekhusyukan umat yang sembahyang.

Tentu saja bukan Kelenteng Leng Chun Keng saja yang bersiap-siap. "Semua kelenteng punya acara saat imlek," ujar Aguan, selaku suhu di salah satu kelenteng Kota Jambi.

Ikuti kami di
Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: Jaka Hendra Baittri
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved