berita wisata

PHRI Jambi Bilang VHO Turut Memengaruhi Bisnis Hotel Lokal di Jambi

Virtual Hotel Operation atau VHO memengaruhi tingkat hunian hotel, Ini kata PHRI perwaklan Jambi melihat perkembangan VHO.

Virtual Hotel Operation atau VHO muncul bak jamur di musim hujan. Tak terkecuali Jambi. Mulai dari merk-merk seperti Reddoorz, OYO, airy, air bnb dan sejenisnya. Hal ini menjadi masalah bagi pengusaha perhotelan konvensional baik dari bintang 1 sampai bintang 5.

Yudi Gani selaku ketua PHRI perwakilan Jambi mengatkan kemunculan VHO tidak bisa diadang.

“Di jambi sendiri perlu kita akui khususnya untuk kawan-kawan di segmentasi hotel non bintang, bintang duam satu ke bawah, ini memang mereka tidak dibantu sistem hotel manajemen, oleh karena itu ya seperti network marketingnya tiak ada, dengan kemunculan VHO kawan-kawan ini terbantu untuk promosi hotelnya,” katanya.

“Walau pun kesepakatannya tidak ngerti kita, ternyata hari ini banyak kurang enak kerjasamanya manis di depan atau bagaimana, tapi positifnya bisa membantu kawan-kawan melati tadi,” katanya

“Cuma dari sisi kesepakatan PHRI sendiri tidak bisa involve pada kesepakatan,” katanya.

Yudi mengatakan juga ada sisi negatifnya. “Saya berharap secepat mungkin bersama-sama pemerintah bahkan pemerintah daerah bagaimana menyiapkan sisi aturan main, mereka sudah main-main ke level kos-kosan,” katanya.

Dia mengatakan PHRI tentu punya kepentingan ke pemerintah untuk menyiapkan aturan mainnya. Sebab hotel juga punya pajak sendiri sebagai bisnis akomodasi. Sementara kos-kosan kata Yudi tidak ada pajak atau pun Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

“Inilah yang saya ini tentang vho tentang virtual hotel operator, sementara ini masih lihat manfaatkan networknya, habis itu saya rasa nggak jamin sih, mereka kan asalnya ada yang dari india,  sudah mengurangi 1000 karyawan kan kita sempat dengar saya nggak mau imbas itu kesini, kalau pun kita ingin mainkan market sendiri, kepada pemilik harus kita imbau,” katanya

Persoalan ini akan dibawa PHRI Jambi bersama PHRI perwakilan lainnya di Indonesia untuk dibawa ke musyawarah nasional tahun ini.

Ikuti kami di
Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: Jaka Hendra Baittri
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved