kuliner

Cicipi Ikan Lambak Hj Herni Khas Jambi

Ikan Lambak adalah salah satu menu rumahan khas Jambi yang dijual oleh Rumah Makan Hj Herni.

Cicipi Ikan Lambak Hj Herni Khas Jambi
Aldino/ TribunJambi
ilustrasi sambal khas Jambi 

Jika Tribunners ingin menu rumahan khas Jambi menarik, kita bisa mencoba Ikan Lambak. Dia bisa kita cicipi di Rumah Makan Hj Herni yang berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim, Simpang IV Sipin, Telanaipura, Simpang IV Sipin, Kec. Telanaipura, Kota Jambi.

Hj Herni adalah satu dari sedikit pemilik rumah makan di Jambi yang konsisten menyajikan menu rumahan khas Jambi. Meski tidak banyak, ia mencoba untuk terus menyajikan menu rumahan ini untuk pelanggan yang datang ke rumah makannya. Seperti yang tersaji ketika Tribun singgah di rumah makan miliknya pertengahan pekan lalu. Kalau tidak memesan terlebih dulu, bisa-bisa menu ini sudah habis dipesan pelanggan.

“Ikan ini gurih dan dagingnya sedikit lebih tebal dibanding siluang. Ikan ini khas Jambi dan musiman karena cuma muncul pas musim hujan. Ikan dasar sungai, kalau siluang ngambang kalau lambak ikan dasar sungai. Orang banyak suka karena rasanya gurih,” kata ibu tiga anak ini seraya menyodorkan seporsi ikan lambak sambal goreng.

Ikan lambak paling nikmat disajikan kering, bisa digoreng biasa bisa goreng pedas seperti yang disajikan Hj Herni. Untuk membuat ikan lambak sambal goreng sangat sederhana. Ikan cukup dibersihkan dan digoreng kering dicampur dengan cabai, bawang merah, garam dan gula secukupnya

Ukuran dan bentuk ikan lambak ini nyaris sama dengan ikan bilih, namun ikan lambak disebut ikan spesial dikarenakan keberadaannya yang sulit dijamah.

Ikan lambak merupakan ikan musiman yang hidup di dasar sungai Batanghari. Kenikmatan ikan lambak menjadi ‘hadiah’ ketika musim penghujan tiba. Sedangkan saat musim kemarau seperti sekarang, ikan ini tak banyak dijumpai.

Ikuti kami di
Editor: Jaka Hendra Baittri
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved