Agustus Hingga Maret Wisatawan Bisa Nikmati Burung Migran Pantai Cemara

Pada bulan Agustus hingga Maret burung-burung migran mampir di pantai cemara Tanjung Jabung Timur.

Agustus Hingga Maret Wisatawan Bisa Nikmati Burung Migran Pantai Cemara
BKSDA Jambi
Burung migran mampir ke Jambi tepatnya Agustus hingga Maret di Pantai Cemara. 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, TANJUNG JABUNG TIMUR - Sekira 26000 burung mampir di Pantai Cemara Tanjung Jabung Timur. Sekitar 72 jenis burung dar pelbagai pantai dunia mampir.

Burung-burung migran ini terbagi menjadi  4 jenis burung air, 30 jenis burung hutan, 27 jenis burung pantai, dan 11 jenis burung laut.

Burung-burung yang bermigrasi ini mencari sumber makanan dan tempat yang hangat di pantai Cemara. Sebab, di daerah asal burung pada rentang waktu tersebut tengah beriklim dingin. Tak hanya sampai Pantai Cemara, burung-burung in juga terbang sampai Sembilang, Sumatera Selatan, yang termasuk satu lansap dengan taman nasional Berbak.

Burun-burung migran ini termasuk jenis jenis burung yang dilindungi secara internasional dan nasional. Di antaranya seperti jenis Trinil Nordman, Pluvialis squatarola, Numenius phaeopus, Limosa limosa, Tringa glareloa, Galinago stenura, Phalaropus lobatus, dan jenis lainnya.

Penjelasan ini tertera di buku Burung Pantai: Panduan Lapangan di Pantai Cemara Jambi yang diterbitkan BKSDA Jambi dan Wildlife Conservation Society Indonesia. Buku ini memberi penjelasan lengkap tentang migrasi burung di pantai Cemara.

Pantai Cemara lebih sering digunakan sebagai lokasi penelitian burung, sehingga destinasi wisata pantai ini lebih dikenal pada destinasi minat khusus atau yang datang lebih banyak kalangan peneliti.

Sejak November 2019 lalu BKSDA mengamati aktivitas burung migran. Pengamatan dilakuan bersama pemerhati burung pantai Surabaya. Pengamatan ini juga diikuti relawan lokal yang turut dibina untuk  mengamati. Pengamatan dilakukan hingga Maret 2020 ini.

Jika wisatawan ingin datang menikmati aktivitas burung migran itu, tentu sangat dianjurkan untuk menggunakan peralatan seperti teropong supaya lebih mendapatkan sensasi mengamati burung-burung cantik ini.

Waktu-waktu burung migran mampir ke Pantai Cemara pada bulan-bulan Agustus hingga Maret.Puncak umah burung terbanyak ada di bulan September- November. Namun, Maret tribunners masih bisa melihat walau pun waktu migrasi burung-burung ini hampir habis.

Pantai cemara sudahdiresmikan sebagai kawasan lindung sejak 1996. Karena itu tempat ini pun direkomendasikan sebagai wisata minat khusus. Wisatawan direkomendasikan pada waktu pagi jika ingin menikmati aktivitas kawanan migrasi burung sambil melihat matahari terbit. Wisatawan bisa mendirikan tenda atau menginap di rumah penduduk di Desa Sungai Cemara. Lokasinya dekat dengan Pantai Cemara.

Ikuti kami di
Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: Jaka Hendra Baittri
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved