Melihat Sejarah Bioskop di Museum Bioskop Jambi

Sejarah Bioskop Jambi di Museum Bioskop Jambi tutup sementara, paska corona warga Jambi bisa mengunjunginya lagi

Melihat Sejarah Bioskop di Museum Bioskop Jambi
Tribun Jambi/ Ulis
Banyak tempat wisata edukasi atau hiburan yang tutup di Jambi, salah satunya Museum Bioskop Jambi. Hal ini dibenarkan oleh Harkopo Lie selaku pemilik. 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Tribunners tahu nggak sih kalau di Jambi dahulu banyak bioskop. Masa jaya bioskop pada 1970 hingga medio 1990-an. Pada masa itu lah bioskop bertebaran di Jambi, baik di kota atau pun kabupaten.

Biosko-bioskop itu kini sebagian tak dapat dilihat lagi. Ada pun yang tersisa tinggal bangunan dan bangunan kosong. Bioskop kini didominasi perusahaan besar. Namun jangan kecewa dulu, Jambi punya dokumentasi yang cukup lengkap mengenai bioskop di Jambi. Arsip-arsip itu disimpan di Museum Bioskop yang berlokasi di Tempoa Art Galery.

Setidaknya dengan melihat-lihat koleksi di museum bioskop ini, pengunjung dapat membayangkan ada bioskop Mega, Ria, Duta, Murni Sumatera, President 1 dan 2, Bioskop Mayang hingga Sitimang.

Tribunners bisa melihat artefak seperti proyektor lawas dan 1.180 baliho film yang tersusun rapi di museum ini. Selain itu ada Roll film, speaker, alat pengangkut roll film, bangku bioskop, baju seragam petugas bioskop, harga tiket bioskop, senter, kaset dan lainnya.

Hal yang mengejutkan juga Triunners pasti tidak menyangka bahwa hargga tiket bioskop dahulu hanya 600 rupiah. Murah kan? Ya, mungkin jaman dulu itu setara dengan 35 ribu jaman sekarang. Jangan bingung, kamu bisa ditemani pemandu.

Ada pemandu yang bisa menjelaskan fungsi dan sejarah barang-barang yang ada.

Selain tentang bioskop, museum ini juga memajang arena permainan anak-anak di Istana Anak-Anak seperti Ding-dong. Selain itu ada pula lukisan dan foto lama yang menginformasikan kearifan lokal Jambi.

Tribunners bisa memasukkan museum ini jadi destinasi wisata Kota jambi setelah pandemi corona usai.

Museum ini berlokasi di Cempaka Putih, Jelutung, Kota Jambi.

Ikuti kami di
Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: Jaka Hendra Baittri
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved