sejarah

Selesai Tahun 1964, Rumah Kolonel ABunjani Masih Bisa Dilihat, Ada Ruang Bawah Tanah Juga

Nama Kolonel Abunjani tak hanya sekadar tinggal di nama jalan, tapi juga rumahnya masih ada dan teratwat oleh keluarganya.

Selesai Tahun 1964, Rumah Kolonel ABunjani Masih Bisa Dilihat, Ada Ruang Bawah Tanah Juga
Tribun Jambi
Rumah Pahlawan Jambi, Kolonel Abunjani di Telanai Pura Kota Jambi. 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM - Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar nama Kolonel Abunjani? Nama jalan? Tentu saja itu juga nama pahlawan di Jambi. Kita masih bisa melihat bukti yang jelas yaitu rumah tua peninggalan Kolonel Abunjani.

Kolonel Abunjani lahir di Sekaladi, 24 Oktober 1918. Ia memiliki riwayat pejuang kemerdekaan dari 1945 hingga 1949. Sampai saat ini kediamannya masih ada dan dihuni oleh anak terakhirnya yaitu Arman Abunjani.

15082018_lukisan_abunjani
Lukisan Abunjani (TRIBUN JAMBI/NURLAILIS)

Ini Saatnya Tribunners Menata Keuangan untuk Menghemat atau Travelling

Rumah itu terletak di bilangan Telanai Pura tepatnya di belakang Bank Jambi. Rumah itu tampak sepi seperti tidak berpenghuni. Rumah yang berukuran besar juga diimbangi dengan halaman yang luas. Keadaanya tidak terlalu terawat dengan baik.

Tribunjambi.com berkesempatan mengunjungi rumah itu dan sempat berbincang dengan Arman Abunjani. Ia mengatakan rumah ini memang milik pribadi dan masih diurus sama pihak keluarga.

“Rumah ini selesai pada 1964. Luasan dari rumah ini sekitar satu hektare,” ungkapnya kepada tribunjambi.com Rabu (15/8).

Ia mengatakan, dari Pemerintah Jambi tidak ada yang pernah mengunjungi sekalipun pada momen kemerdekaan. Terakhir ada kunjungan sekitar tahun 80an oleh Danrem masa itu.

“Untuk wilayah Jakarta masih rutin mengirimkan undangan kepada pihak keluarga untuk hadir pada momen kemerdekaan. Tapi kalau dari daerah Jambi tidak ada,” ucapnya.

Relief di dinding rumah Pahlawan Jambi, Abunjani
Relief di dinding rumah Pahlawan Jambi, Abunjani (TRIBUN JAMBI/NURLAILIS)

Bahasa Kerinci Sampai 80 Ragam, Sebelahan Desa Saja Berbeda Bahasanya

Bahasa Kerinci Masih Terkait Austronesia

Tribunjambi.com berkesempatan melihat seisi rumah pejuang Jambi ini. Rumah ini terdiri dari dua lantai dengan cat berwarna putih. Pada halaman ada hamparan rumput yang sudah tidak hijau lagi. Tidak ada sampah dan banyak ditumbuhi pepohonan.

Ada banyak jendela di sana dengan gambar wanita mengenakan baju melayu Jambi seperti sedang menari. Gambar ini ada di tiap jendela.

Masuk pada pintu samping rumah anda akan melihat relief wanita melayu Jambi yang sedang beraktivitas di kebun. Relief bernuansa alam juga ada disertai dengan binatang didalamnya. Relief ini ada di beberapa sisi dinding dengan ukuran besar.  

Adapula foto Kolonel Abunjani saat bersama Presiden Soekarno dulu. Beberapa foto ini terpajang di ruang depan rumah. Kursi-kursi ruang tamu dengan nuansa jaman dulu pun masih ada.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Jaka Hendra Baittri
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved