Kabar Gembira Untuk Traveler, 13 Bandara Ini Memberikan Stimulus

Tribuners harus tahu, bahwa dimasa pandemi ini, pemerintah kembali memberikan stimulus atau diskon untuk penerbangan pesawat lho!

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
istmewa
Suasana di Bandara Sultan Thaha, Jambi 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Tribuners harus tahu, bahwa dimasa pandemi ini, pemerintah kembali memberikan stimulus atau diskon untuk penerbangan pesawat lho!

Informasi ini tentunya memberikan kabar gembira bagi para tribunners atau traveler.

Stimulus itu berupa penghapusan biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau dikenal sebagai Passenger Service Charge ( PSC) untuk penumpang.

 Stimulus ini diberikan untuk mendorong kebangkitan industri penerbangan dan pariwisata khususnya di 13 bandara.

 “Stimulus ini sangat positif karena dapat meringankan masyarakat. Harga tiket pesawat bisa lebih murah,” kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Sabtu (24/10/2020), seperti yang dilansir Tribunjabar.id.

Baca juga: Sate Kulit, Kuliner di Kota Jambi yang Hanya Buka 3 Kali Seminggu, Tribunners Patut Mencoba

Baca juga: Jajan Sehat Dapat Gratisan, Datang Saja ke Tahooe, Cicipi Menu Andalan Kembang Tahu

 Penghapusan PSC diberikan kepada penumpang pesawat untuk keberangkatan domestik di 13 bandara mulai 23 Oktober-31 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 sebelum pukul 00.01.

 Menurut Awaluddin, PSC tersebut akan tetap dibayarkan kepada PT Angkasa Pura II, tetapi bukan dari penumpang pesawat, melainkan dari pemerintah menggunakan APBN.

 Ia menjelaskan, penghapusan biaya PSC bagi penumpang berlaku di bandara keberangkatan domestik Angkasa Pura II, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Kualanamu (Deli Serdang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Silangit (Siborong-borong), dan Banyuwangi.

Suasana di Bandara Sultan Thaha Jambi.
Suasana di Bandara Sultan Thaha Jambi. (Tribun Jambi)

 Selama ini, tarif PSC yang ditambahkan pada tiket penumpang untuk keberangkatan dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp 130.000 per penumpang dan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta Rp 85.000 per penumpang.

 Lalu, Bandara Halim Perdanakusuma Rp 50.000 per penumpang, Bandara Silangit Rp 60.000 per penumpang, Bandara Banyuwangi Rp 65.000 per penumpang, dan Bandara Kuala Namu Rp 100.000 per penumpang.

 “Dengan stimulus ini, biaya PSC tidak lagi dikenakan kepada penumpang,” ujar dia.

Baca juga: Tribunners Mau Nongkrong Sekalian Ngemil Sehat, Ya Tahooe Tempatnya

 Ia menilai insentif PSC ini dapat mendorong maskapai untuk kembali membuka/menambah layanan rute domestik, lalu maskapai menambah frekuensi terbang di rute yang sudah ada, dan bandara dapat meningkatkan utilisasi slot time penerbangan.

 “Stimulus ini diyakini dapat membuat penerbangan semakin optimal berkontribusi ke perekonomian, dan turut mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” katanya.

 Dampak yang diharapkan dari insentif ini juga adalah meningkatnya pergerakan penumpang di bandara meningkat dan naiknya tingkat keterisian penumpang di pesawat (load factor).

Satu aktivitas di bandara.
Satu aktivitas di bandara. (istmewa)

"Kami akan berkoordinasi dengan maskapai agar program stimulus ini dapat dimanfaatkan dengan baik dalam upaya meningkatkan utilisasi penerbangan,” ujar dia lagi.

PT Angkasa Pura II bersama stakeholder di bandara juga memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi ini guna mewujudkan bandara yang aman, sehat, dan higienis.

Baca juga: 5 Tempat Belanja Oleh-oleh Khas Jambi Yang Patut Anda Kunjungi

 Berikut daftar 13 bandara yang tarif tiket pesawatnya didiskon pemerintah:

 Bandara Soekarno-Hatta (CGK)
Bandara Hang Nadim (BTH)
Bandara Kualanamu Medan (KNO)
Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar (DPS)
International Yogyakarta Kulon Progo (YIA)
Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP)
Bandara Internasional Lombok Praya (LOP)
Bandara  Ahmad Yani Semarang (SRG)
Bandara Sam Ratulangi Manado (MDC)
Bandara Komodo Labuan Bajo (LBJ)
Bandara Silangit (DTB)
Bandara Banyuwangi (BWX)
Bandara Adi Sucipto (JOG)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved