Jalan Tol

Buat Traveller, Mau ke Jambi Lewat Jalan Darat Jarak Tempuh Makin Pendek, Akan Ada Jalan Tol Lho!

Untuk traveller yang hobi berwisata lewat jalan darat. Tak lama lagi jarak yang ditempuh dari Palembang ke Jambi menjadi dekat.

Penulis: Rahimin
Editor: Rahimin
Dok. Waskita Toll Road/kompas.com
Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 resmi beroperasi mulai Rabu (1/4/2020) pukul 07.00 WIB. 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Untuk traveller yang hobi berwisata lewat jalan darat. Tak lama lagi jarak yang ditempuh dari Palembang ke Jambi menjadi dekat.

Apalagi, jarak tempuh dari Jakarta ke Jambi, juga makin pendek. Sebab, dari Pelabuhan Bakauheni hingga Palembang, Sumatera Selatan sudah ada jalan tol.

Sementara, dari Palembang ke Betung juga lagi dibangun jalan tol. Itu masuk bagian jalan Tol Trans Sumatera.

Nah, dari Betung lagi dalam tahap pembangunan Jalan tol Betung-Jambi. Jalan tol Betung-Jambi adalah jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan Sumatera Selatan (Betung ) dengan Jambi. Yakni, dari Simpang Sekayu-Tempino.

Baca juga: Kabar Gembira Untuk Traveler, 13 Bandara Ini Memberikan Stimulus

Baca juga: Sate Kulit, Kuliner di Kota Jambi yang Hanya Buka 3 Kali Seminggu, Tribunners Patut Mencoba

Nah, dari Jambi nanti dibangun lagi jalan tol ke Rengat, Pekanbaru. Pembangunan jalan tol ini semakin memudahkan Traveller untuk mengunjungi destinasi wisata di beberapa daerah.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Jambi resmi menetapkan lokasi pengadaan tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Trans Sumateta Ruas Jambi - Rengat.

Asisten I Setda Provinsi Jambi A Pani Sharuddin mengatakan bahwa penetapan lokasi sudah dilakukan seminggu yang lalu berdasarkan SK Gubernur Jambi.

"Seminggu yang lalu lah ditetapkanya, jadi sekarang sudah di Kementrian PUPR dan untuk tahapan selanjutnya lagi oleh pihak BPN melakukan pengukuran detail dan penilaian KJPP," kata A Pani, Selasa (27/10/2020).

A Pani menjelaskan, lokasi yang telah ditetapkan ini tidak jauh berubah dari dokumen perencanaan yang telah diserahkan oleh Kementrian PUPR sebelumnya.

Ruas Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Seksi 1 Bengkulu-Taba Penanjung pada koridor pendukung Tol Trans Sumatera, Palembang-Bengkulu.
Ruas Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Seksi 1 Bengkulu-Taba Penanjung pada koridor pendukung Tol Trans Sumatera, Palembang-Bengkulu. (Dok. PT Hutama Karya (Persero)

Hanya saja, awalnya Kabupaten Batanghari tidak masuk dalam dokumen, namun setelah dikaji dan ditetapkan satu desa di Batanghari dilintasi. Desa tersebut adalah desa Selat Kecamatan Pemayung.

"Rutenya masih seperti yang kemarin, hanya ada tambahan satu desa di Batanghari itu. Rute dan Panjangnya tidak berubah," sebutnya.

Berikut daftar desa-desa yang yang dilintasi Jalan Tol Jambi-Rengat antara lain:

Baca juga: Jajan Sehat Dapat Gratisan, Datang Saja ke Tahooe, Cicipi Menu Andalan Kembang Tahu

Baca juga: Tribunners Mau Nongkrong Sekalian Ngemil Sehat, Ya Tahooe Tempatnya

1. Kabupaten Muaro Jambi, Desa Danau Sarang Elang, desa Pijoan, desa pematang Jering di Kecatan Jaluko. Kemudian di Kecamatan Sekernan, desa Tan-tan, desa Rantau Majo, desa Gerunggung, desa Bukit Baling, desa Suko Awin Jaya.

2. Kabupaten Batang Hari, Kecatamatan Pemayung, desa Selat.

3. Kebupatan Tanjabbarat, desa Dusun Mudo, di kecamatan Muara Papalik. Desa, Kuala Dasal, desa Pelabuhan Dagang, desa Brasau, dan desa Taman Raja di Kecamatan Tungkal Ulu. Kemudia desa Teluk Pengkah di Kecamatan Tebing Tinggi, serta desa Rawa Kempas di Kecamatan Batang Asam.(tribunjambi/zulkifli)

Sumber: Tribun Jambi

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved