Batik air

Tips Untuk Traveller Saat Bawa Uang Tunai Ke Pesawat

Tips untuk Traveller Saat Bawa Uang Tunai Dalam Jumlah Banyak Ke Pesawat

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
Via Travel Fashion Girl
Bagasi Pesawat Terbang 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Traveller harus berhati-hati ketika membawa uang tunai dalam jumlah banyak ke pesawat.

Pasalnya baru-baru ini uang puluhan juta milik warga Jambi hilang karena disimpan di dalam bagasi pesawat Batik Air tujuan Makasar- Jambi.

Untuk mengantispasi hal serupa, berikut tips agar traveler aman saat membawa uang dalam jumlah banyak ke pesawat.

Eksekutive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi, Indra Gunawan menghimbau kepada penumpang ketika membawa barang berharga atau uang dengan jumlah banyak sebaiknya tidak disimpan di dalam bagasi.

Melainkan lebih aman jika dibawa ke cabin bersama penumpang itu sendiri. Jika ingin membawa uang itu, maka anda harus melaporkan pada petugas.

"Kalaupun ingin dibawa ke dalam bagasi, penumpang harus melaporkan ke petugas maskapai pada saat check in. Biasanya di dalam tiket ada keterangan tertera ketentuannya," Katanya.

Dalam ketentuan penerbangan, membawa uang tunai dalam jumlah banyak memang tidak dilarang.

Namun sebelum terbang, penumpang harus mendapat izin dari otoritas keuangan dalam hal ini kalau di Indonesia Bank Indonesia (BI).

"Dalam ketentuannya, uang tunai yang boleh dibawa maksimal Rp 100 juta. Di atas jumlah ini aturannya harus ada izin dari BI," terang Manajer Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Juanda, Sukirman, Seperti dikutip dari Surya.co.id

Bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura 1 Juanda ini memberlakukan ketentuan bawaan penerbangan sesuai ketentuan internasional.

Setiap penumpang yang ingin terbang harus mengantongi izin dari BI tersebut. Begitu juga dari bandara di dunia lainnnya.

"Sesuai ketentuan pula, kalau uang tunai yang dibawa itu lebih dari Rp 100 juta kena denda sesuai aturan BI. Ada juga form yang harus diisi penumpang saat membawa yang tunai dalam jumlah besar," tambah Sukirman.(tribun jambi/aryo tondang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved