Sarolangun

Misteri Kuburan Orang Belanda di Sarolangun, Sudah Bergeser Dari Tempat Asalnya

Misteri Kuburan Orang Belanda di Sarolangun, Sudah Bergeser Dari Tempat Asalnya

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
istimewa
Misteri Makam Orang Belanda di Sarolangun 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Keberadaan  tentang adanya kuburan Belanda di kawasan Ancol, Kabupaten Sarolangun masih banyak belum diketahui.

Kuburan orang Belanda yang masih misteri, tepatnya di kawasan tugu PKK Sarolangun.

Orang Belanda yang dimakamkan pada saat terjadinya kapal Belanda yang karam pada masa penjajahan Belanda dulu di Kabupaten Sarolangun.

Baca juga: Isi Libur Akhir Tahun, Dufan Tawarkan Promo Tiket 50 Ribu

Adapun misteri pemakaman orang Belanda ini sudah tidk asli lagi, batu nisan kuburan itu sudah bergeser dari tempat asalnya. Hal ini dikarenakan pembangunan Jalan di daerah tersebut.

Keberadaan kuburan orang Belanda ini masih banyak masyarakat Sarolangun tidak mengetahuinya, sebab kuburan tersebut tidak memiliki tanda khusus atau monumen yang dipagari dengan diberi nama serta sejarahnya.

Baca juga: Terlalu Lama Simpan Struk Belanjaan Bisa Bahaya, Mengandung Racun Yang Sebabkan Kanker

Sebut saja Sistiadi, salah seorang warga Sarolangun mengaku dirinya tidak mengetahui adanya kuburan Belanda ini, karena tidak ada tanda khususnya, padahal jika dibuatkan monumen menurutnya akan banyak dikunjungi, termasuk para turis untuk datang kawasan Ancol.

“Saya tidak tahu selama ini kalau memang ada kuburan belanda, saya mengetahui pas tadi malam dari bapak yang jualan di ancol,’’ katanya kemarin (14/10).

Baca juga: Jangan Khawatir, Ini Tips Ketika Kehilangan Barang Saat Traveling

Pak Taher (58), salah seorang warga yang sudah lama berjualan di kawasan Ancol menyebutkan, kuburan orang belanda tersebut disemen dua tingkat dengan kualitas semen yang tahan lama. Ia menyebutkan kuburan bersejarah itu tidak dijadikan tanda atau monumen.

“Ada kuburan orang belanda di sana pak, cuma karena tidak diketahui saja,’’ katanya.

Ia juga menjelaskan, tidak diketahui siapa nama orang Belanda yang dimakamkan di kuburan tersebut. Menurutnya kuburan itu sudah berusia puluhan tahun.

“Yang jelas saya pikir sejak penjajahan Belanda dulu,’’ ucapnya.

Sementara itu Kasi Kesbangpol Sarolangun Priyo Sutopo, juga penasaran dengan keberadaan kuburan Belanda sebagaimana yang diceritakan, ia menyebutkan langsung turun ke lokasi untuk melihat kuburan tersebut.

“Saya langsung ke sana melihat kuburan, memang bentuknya seperti kuburan, namun di atas kuburan ada kotak seperti tulisan batu nisan, hanya tidak bisa dibaca lagi,’’ tandasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved