Pariwisata Jambi

Konsep Pariwisata Jambi Saat Pandemi Berubah, Tak Bisa Diharap Wisatawan Datang Ramai-Ramai

Konsep Pariwisata Jambi Saat Pandemi Berubah, Tak Bisa Diharap Wisatawan Datang Ramai-Ramai

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
istimewa
Pariwisata Jambi, Air Terjun Goa Kambing di Merangin, Jambi. 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Konsep pariwisata Jambi berubah akibat pandemi Covid-19. 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi menyebut dimasa pandemi ini tidak lagi bisa diharapkan kuantiti dari wisatawan melainkan hanya mengharapkan kualitas.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Jambi Sri Purnama Syam mengatakan dengan pandemi terjadi maka konsep pariwisata berbeda. Tidak bisa diharap wisatawan datang ramai-ramai. 

Baca juga: Ingin Terbang Melihat Keindahan Kerinci, Coba Sensasi Naik Paramotor, Bisa Isi Libur Akhir Tahun

"Tapi mesikipun wisatawan datang 1-2 orang tapi dia lama-lama di Jambi. Kualitinya kita berikan atraksi biar mereka berlama-lama di Jambi. Kalau dulukan rombongan-rombongan tapi kalau sekarang tidak bisa," sebutnya.

Ia menjelaskan, untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Provinsi Jambi pihaknya telah melaksanakan beberapa program seperti sosialisasi peningkatan capacity building kepada para pelaku wisata, perhotelan dan restoran. 

Baca juga: Rayakan Nataru Dimasa Pandemi, Warga Surabaya Dekorasi Rumahnya Menyerupai Tokoh Kartun Disney

"Kemudian di bidang destinasi ini juga turun ke lapangan, memberikan bantuan kepada objek-objek wisata Jambi. Lalu Ada spanduk-spanduk, baleho imbauan penerapan protokol kesehatan," sebutnya.

Selain itu, Dinas Pariwisata juga membuat video, diharapkan setelah masa pandemi atau bagaimanapun kondisinya, bisa menjual video dengan konsep baru. 

Kegiatan-kegiatan tersebut disuport dengan dana transfer daerah, hadiah hasil lomba video  adaptasi kebiasaan baru yang digelar oleh Kemendagri. 

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Bisa Datang ke Ekowisata Sukorejo, Ada 8 Spot Wisata Menarik

"Itu yang kita kerjakan dianggaran perubahan ini. Tapi dianggaran tahun depan pun, kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir, tetap kita fokus pada kegiatan itu bagaimana komunitas pariwisata dan komintas budaya tetap survive," pungkasnya. (Tribun Jambi/Zulkifli)

Sumber: Tribun Jambi

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved