Tips Traveling

Berikut Tips Traveling Namun Tetap Bisa Membawa Anak Liburan Akhir Tahun

Berikut Tips Traveling Namun Tetap Bisa Membawa Anak Pada Saat Liburan Akhir Tahun

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
Istimewa
Herlinoviyanti, Selebgram Cantik Asal Jambi Yang Suka Traveling 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Jika tribunners ingin membawa anak yang masih kecil untuk traveling harus hati-hati.

Terutama saat  liburan akhir tahun  selama pandemi Covid-19, semua harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Agar tidak ceroboh dalam kegiatan traveling, berikut tips traveling namun tetap bisa membawa anak liburan.

Baca juga: Berkunjung ke Taman 1000 Payung, Objek Wisata Menarik Jambi, Jangan Lupa Bawa Kamera

 1. Barang yang dibawa harus bersih “Prinsipnya sama saja, semua barang yang dipakai dalam kondisi bersih. Benda-benda itu harus bersih,” kata Encrio , Senin (7/12/2020). Perlu dicatat bahwa barang-barang yang tertera dapat dikurangi atau ditambah sesuai dengan kebutuhan masing-masing: Tas berisi barang yang disiapkan sendiri oleh anak Mainan Pakaian ganti sesuai kebutuhan Makanan Multivitamin Hand sanitizer Masker Penutup wajah (face shield)s seperti yang dilansir dari Kompas.com  dari CEO Enmedicare International dr. Enrico Adhitya Rinaldi.

Baca juga: Isi Libur Akhir Tahun di Jambi Bisa ke Roemah Keboen, Bisa Buat Acara dan Mancing

2. Rajin bersihkan barang dengan hand sanitizer

Apabila anak membawa permainan seperti konsol, Enrico menjelaskan bahwa alat harus dibersihkan dengan disinfektan terlebih dahulu. “Tangan sebelum bermain harus dibersihkan dengan hand sanitizer,” ujarnya. Namun, Ahli Epidemiolog Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra mengatakan bahwa hal tersebut tidak diperlukan jika mainan hanya dipakai sendiri.

Kecuali kalau mainan akan digunakan bersama dengan anak-anak lain, maka setiap anak wajib menggunakan hand sanitizer sebelum memainkannya. “Siapkan pakaian yang sebaiknya tidak mudah menyerap cairan dan mudah dibersihkan, juga hand sanitizer yang mudah dikantongi anak,” sambung Hermawan.

3. Pakai penutup wajah

Untuk penutup wajah, benda tersebut berbeda dengan masker karena bukanlah barang sekali pakai. Namun, Hermawan mengimbau agar penutup wajah rajin dibersihkan setiap 4-5 jam sekali. Adapun, pembersihan penutup wajah dapat dilakukan dengan lap yang telah disemprot hand sanitizer atau alkohol.

Baca juga: Wisata menari Jambi, Kampoeng Organik, Bisa lIhat Pesawat Take Of dan Landing

4. Siap sedia Kotak P3K

Agar orang tua merasa lebih aman dan nyaman saat bepergian bersama anak selama pandemi Covid-19, kotak P3K kecil dan ringan dapat dibawa. “Kotak P3K standar (jaga-jaga) jika terjadi sesuatu seperti kecelakaan atau cedera. Isinya semacam kain kasa, plester sederhana, betadine, dan alkohol,” kata Hermawan.

Baca juga: Seperti Pulau Pribadi, Nikmati Keindahan Pulau Penyu di Kecamatan Sadu, Cocok Buat Libur Akhur Tahun

 5. Ingatkan terapkan protokol kesehatan  

Saat bepergian, anak juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan penutup wajah, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak. Sama halnya dengan anak remaja, anak usia sekolah dasar pun gemar bermain dengan teman-temannya. Hermawan mengimbau agar para orang tua lebih sigap jika bepergian mengajak teman-teman si kecil, serta menasehati jika mereka terlihat tidak menaati protokol kesehatan. “Jika perjalanan pendek, usahakan tidak makan atau minum misalnya di pesawat atau angkutan umum. Duduknya bareng keluarga kalau memungkinkan, buka masker teralu berisiko saat ini,” pungkas Enrico.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved