Tips Touring

Tribunners Suka Touring, Ini Yang Harus Disiapkan Para Bikers Sebelum Berkendara Jarak Jauh

Tribunners Suka Touring, Ini Yang Harus Disiapkan Para Bikers Sebelum Berkendara Jarak Jauh

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
Istimewa
Tribunners Suka Touring, Ini Yang Harus Disiapkan Para Bikers Sebelum Berkendara Jarak Jauh 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Beragam cara dapat dilakukan bikers untuk mendapatkan kesenangan berkendara dengan sepeda motor.

Salah satunya, berkendara bersama teman atau keluarga baik di dalam kota maupun menempuh jarak jauh atau touring.

Berbicara berkendara jarak jauh menggunakan sepeda motor, banyak hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan oleh para bikers untuk mengurangi resiko berkendara.

Baca juga: Villa Angkringan, Tempat Nongkrong Yang Hits Dikalangan Anak Muda Kota Jambi

Menurut Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, berkendara jarak jauh membutuhkan persiapan khusus. Hal yang harus dicek pertama kali adalah kesiapan unit motor seperti pemeriksaan mesin, kelistrikan dan juga fitur-fitur keselamatan seperti sistem pengereman.

Selain itu, para bikers juga perlu mempersiapkan kondisi fisik sebelum berangkat maupun selama perjalanan, serta mengecek kondisi kesehatan sesuai anjuran pemerintah, salah satunya dengan melakukan tes rapid antigen.

Baca juga: Cobain Kedai Sate Beringin Jambi, Pelanganya Mulai Dari Pejabat Hingga Artis

“Ditengah pandemi saat ini, para bikers wajib memperhatikan kebijakan pemerintah setempat sebelum melakukan perjalanan jauh. Ketenangan pikiran dan emosi yang stabil juga menjadi hal penting karena perjalanan jauh menguras energi yang mudah memancing emosi saat bertemu pengendara lainnya,” ujar Lucky, Jakarta, Senin (28/12/2020).

Berikut beberapa hal lainnya yang perlu diketahui dan disiapkan oleh para bikers yang ingin berkendara jarak jauh :

Menjaga Kesehatan
Saat berkendara jarak jauh menggunakan sepeda motor di masa pandemi, menjaga kesehatan sangatlah penting. Bikers harus selalu menjalankan protokol kesehatan baik sebelum berkendara, saat beristirahat maupun sampai tujuan.

Baca juga: Jelang Tahun Baru Penumpang di Bandara Sultan Thaha Jambi Alami Peningkatan

Para bikers wajib menggunakan riding gear yang tepat untuk dapat menutupi seluruh bagian tubuh seperti menggunakan masker yang ditambahkan buff untuk berkendara sehingga mengurangi resiko terpapar virus. Dalam berkendara jarak jauh, para bikers juga sangat dianjurkan untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuh dengan memperbanyak minum saat beristirahat.

“Cukupkan waktu istirahat dengan melakukan istirahat setiap dua jam dengan waktu istirahat setidaknya 30 menit. Saat beristirahat tetap menggunakan masker, serta pilihlah tempat yang sepi namun tetap aman dari kejahatan agar terhindar berkerumun dengan pengendara lainnya yang beristirahat” ucapnya.

Baca juga: Bukit Kayangan Menawarkan Sensasi Wisata di Ketinggian 1500 Meter di Atas Permukaan Laut

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved