Tol Tans Sumatera

Tiga Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Terpanjang Selama Tahun 2020

Berikut Tiga Ruas Jalan Tol Trans Sumatra Terpanjang Selama Tahun 2020 Dikerjakan

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
Dok.PT Hutama Karya
lustrasi - Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Seksi 1 Bengkulu-Taba Penanjung pada koridor pendukung Tol Trans Sumatera, Palembang-Bengkulu. 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Hingga akhir Tahun 2020 Pemerintah telah membangun dan mengoperasikan sekitar 1.550 kilometer jalan tol.

Sementara periode 2020 sampai 2024 mendatang, target pembangunan jalan tol diproyeksikan mencapai 2.500 kilometer.

Itu artinya, menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian, kapasitas natural (natural capacity) Pemerintah membangun jalan tol per tahunnya sepanjang 500 kilometer.

Baca juga: Traveler Harus Waspada, Sudah 19 Negara Melaporkan Adanya Varian Baru Virus Corona

"Sebelumnya, pembangunan jalan tol pada periode 2015-2019 telah tercapai sepanjang 1.298 kilometer," ungkap Hedy dalam webinar nasional bertajuk " Konektivitas Prasarana Jalan untuk Kesejahteraan Bangsa", Senin (21/12/2020). 

Di antara ribuan kilometer jalan tol yang dibangun dan telah beroperasi hingga jelang tutup Tahun 2020 tersebut, terdapat lima ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Baca juga: Meski Musim Liburan, Jasa Angkutan Speedboat Keluhkan Sepi Penumpang

Tiga jalan tol merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera, sementara dua lainnya merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Jawa.

Berikut ruas jalan tol terpanjang yang telah beroperasi di Indonesia hingga tutup tahun 2020:

1.  Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia hingga tutup Tahun 2020.

Jalan tol ini dirancang sepanjang 189,2 kilometer dan dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero). 
Jalan bebas hambatan ini merupakan lanjutan dari Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, mencakup Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan dengan trase Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Kayu Agung, hingga Ogan Komering Ilir.

Pembangunan Tol Terpeka menelan dana Rp 21,950 triliun, dengan masa konstruksi efektif dua tahun.

Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Terpeka pada tanggal 15 November 2019.

Baca juga: Altafood, Produsen Tortilla Asal Jambi, Hasilkan Berbagai Varian Kulit Kebab

2. Jalan Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter)

Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 kilometer ini beroperasi setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (8/3/2019). Jalan bebas hambatan ini merupakan Jalan Tol terpanjang kedua yang beroperasi di Indonesia hingga 2020.

Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 kilometer ini beroperasi setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (8/3/2019).
Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dilakukan pada 4 September 2015 dan diikuti penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja pada 19 Mei 2016.

Jalan tol yang dibangun PT Hutama Karya (Persero) ini menelan investasi sekitar Rp 16,8 triliun.

Baca juga: Pandemi, Hotel-Hotel di Jambi Tidak Menggelar Pesta Saat Perayaan Malam Tahun Baru 2021

Sebesar 52 persen kebutuhan anggaran diperoleh melalui obligasi yang diterbitkan Hutama Karya sebesar Rp 6,5 triliun dan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 2,217 triliun.

Sementara 48 persen sisanya atau sekitar Rp 8,078 triliun diperoleh melalui sindikasi perbankan yang ditandatangani pada 27 Desember 2017 silam.

3. Jalan Tol Trans-Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai (Permai)

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai menelan investasi sekitar Rp 16,21 triliun. Jalan Tol ini merupakan terpanjang ketiga setelah yang beroperasi setelah Tol Terbanggi Besar-Permata Panggang-Kayu Agung dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang dilengkapi underpass perlintasan gajah pertama di Indonesia, diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (25/9/2020).
Tol Pekanbaru–Dumai dirancang sepanjang 131 kilometer dan terdiri dari enam seksi yakni Seksi I Pekanbaru–Minas sepanjang 9,5 kilometer, Seksi II Minas–Petapahan sepanjang 24,1 kilometer, dan Seksi III Petapahan–Kandis Utara sepanjang 16,9 kilometer.

Lalu, Seksi IV Kandis Utara–Duri Selatan sepanjang 26,25 kilometer, Seksi V Duri Selatan–Duri Utara sepanjang 29,4 kilometer, dan Seksi VI Duri Utara–Dumai sepanjang 25,44 kilometer.

Tol ini dilengkapi dengan 10 Tempat Peristirahatan dan Pelayanan (TIP), yang terdiri dari 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP arah Kota Dumai.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved