Jaketbus

Jaketbus, Cara Baru Beli Tiket Bus Akap Cukup Lewat Online

Jaketbus Berikan Jasa dan Cara Baru Beli Tiket Bus Akap Cukup Lewat Online, Cobain

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
Istimewa
Bus Pariwisata Agam Tungga/Jaketbus, Cara Baru Beli Tiket Bus Akap Cukup Lewat Online 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi meluncurkan Jakarta Electronic Ticketing Bus ( Jaketbus), yang merupakan aplikasi tiket elektronik online untuk masyarakat yang akan menggunakan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP).

Aplikasi ini menjadi pilot project yang diluncurkan di Terminal Terpadu Pulo Gebang. Masyarakat yang akan melakukan perjalanan luar kota menggunakan Bus AKAP, kini bisa memesan tiket secara daring atau menggunakan telepon seluler.

Baca juga: Patuhi Protokol Kesehatan, ASTON Jambi Hotel and Conference Center Lolos Uji Sertifikasi CHSE

"Naik bis dari Pulo Gebang sudah bisa menggunakan e-ticketing, jadi membayar tidak perlu di terminal, bisa dilakukan pemesanan dari rumah. Sudah ditentukan tujuannya kemana, bisnya apa, dan dimana naiknya," ucap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kamis (31/12/2020).

Budi menjelaskan kehadiran aplikasi Jaketbus sejalan dengan Instruksi Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2017 tentang Sistem Penjualan Tiket Angkutan Penumpang Umum Antar Kota secara Elektronik.

Baca juga: Cara Dapatkan Token Listrik Stimulus Covid-19 Secara Gratis, Chat WhatsApp

Setelah dilakukan implementasi perdana di Pulo Gebang, nantinya diharapkan sistem serupa juga akan dapat diterapkan di terminal-terminal lainnya.

"Saya menugaskan Dirjen Perhubungan Darat untuk melaksanakan ini bukan hanya di Jakarta, tapi juga di seluruh kota-kota di Indonesia. Karena dengan ini, konsolidasi terkait dengan pembayaran itu menjadi lebih efisien, angkutan massal diminati dan resiko penularan Covid-19 juga bisa dikurangi karena tidak ada kontak langsung," kata Budi.

Aplikasi Jaketbus dapat diunduh secara online di Google Play Store maupun App Store. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan sistem pembayaran tiket secara e-wallet, transfer bank, atau melalui minimarket.

Baca juga: Marru Bistro, Tempat Nongkrong di Kota Jambi Sambil Cobain Fruity Sparkling

Selain itu, Budi berharap agar sistem ticketing online ini dapat juga tersambung dengan sistem-sistem lainnya yang telah dibuat oleh pemerintah.

"Saya mengharapkan sistem ini tidak sendiri. Sistem ini harus di link-kan dengan sistem-sistem yang lain. Katakan Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian BUMN sedang membuat Jaklingko atau lainnya. Oleh karenanya, kita memang harus melakukan suatu sinergi dan sinergi ini pasti akan memberikan kepuasan pelanggan," kata Budi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved