Pendakian Indonesia

Berikut Gunung Yang Tutup Untuk Pendakian di Indonesia, Ada Gunung Kerinci Tertinggi di Sumatera

Berikut Gunung Yang Tutup Untuk Pendakian di Indonesia, Ada Gunung Kerinci Tertinggi di Sumatera

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
istimewa
Objek wisata pendakian Gunung Kerinci 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Beberapa gunung di Indonesia mengumumkan penutupan pendakian mereka dalam beberapa waktu terakhir.

Alasannya, mulai dari pemeliharaan ekosistem, peningkatan kasus Covid-19, hingga cuaca buruk.

Berikut ini beberapa gunung yang dilaporkan tutup untuk pendakian di Indonesia seperti yang dirangkum Kompas.com.

1. Gunung Tambora
Balai Taman Nasional Tambora (BTNT) menutup seluruh jalur pendakian Gunung Tambora dan objek wisata alam Oi Marai sejak 30 Desember 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Hunting Foto Yang OOTD di Gerai Mi Instan dari Berbagai Negara Yang Instagramable

Gunung yang terletak di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini ditutup untuk menekan tingginya kasus penularan Covid-19 serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem.

Selain ditutup karena Covid-19, penutupan juga dilakukan guna memulihkan kondisi kawasan secara alami khususnya pada jalur pendakian. Sebelumnya, seluruh jalur pendakian Gunung Tambora sempat dibuka selama new normal mulai 1 September 2020 silam.

Baca juga: Kopi Bandung, Tempat Makan Sambil Nongkrong Asik di Kota Jambi, Nuansa Pedesaan Khas

2. Gunung Semeru
Pendakian Gunung Semeru ditutup total mulai 30 Desember 2020 hingga 31 Maret 2021. Salah satunya adalah mempertimbangkan kondisi cuaca buruk yang mungkin terjadi.

Penutupan tersebut diperpanjang setelah sebelumnya pendakian gunung yang terletak di Jawa Timur tersebut sudah dilakukan per tanggal 30 November 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Dengan adanya pengumuman baru ini, penutupan dilanjutkan hingga 31 Maret 2021. Cuaca buruk yang mungkin terjadi termasuk peningkatan intensitas curah hujan dan kemungkinan terjadinya badai sebagaimana diperkirakan stasiun Klimatologi Karangploso Malang, serta dalam rangka pemulihan atau revitalisasi ekosistem.

Baca juga: Christine Angelica, Pramugari Cantik Digilir di Sebuah Hotel, Pelaku Ada 11 Orang

3. Gunung Sindoro
Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Temanggung, Jawa Tengah ditutup mulai Senin (4/1/2021) hingga informasi lebih lanjut untuk pemulihan ekosistem.

Penutupan pendakian gunung yang terletak di Jawa Tengah ini juga dilakukan untuk reboisasi, perawatan, dan pembenahan kawasan hutan lindung. Sejauh ini belum diketahui hingga kapan penutupan akan dilakukan.

Namun biasanya, penutupan hanya akan dilakukan kurang lebih satu bulan. Selama penutupan, pengelola Basecamp Pendakian Gunung Sindoro via Kledung atau dikenal sebagai Grasindo dan warga Kledung akan melakukan pendataan flora dan fauna di kawasan hutan lindung.

Baca juga: CFD di Tugu Keris Siginjai Kota Jambi, Olahraga Sambil Wisata Belanja di Akhir Pekan

4. Gunung Prau
Gunung yang terletak di dataran tinggi Dieng ini menutup seluruh jalur pendakiannya mulai 3 Januari 2021 – 4 Maret 2021 untuk pemulihan ekosistem, antisipasi cuaca buruk, perawatan, dan peningkatan kapasitas ranger.

Selain untuk pemulihan ekosistem, penutupan pendakian Gunung Prau juga dilakukan untuk pembersihan sampah dan penanaman pohon. Masing-masing basecamp juga akan melakukan pembersihan jalur.

Baca juga: Tiga Bioskop di Jambi Sudah Buka Lho, Cocok Isi Libur Santai Akhir Pekan

5. Gunung Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menutup wisata pendakian mulai 1 Januari – 31 Maret 2021. Penutupan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem dan pemulihan ekosistem kawasan TNGR.

Penutupan gunung yang terletak di Pulau Lombok ini dilatarbelakangi prakiraan cuaca dari BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Mataram tentang potensi angin kencang, hujan lebat, dan banjir di Pulau Lombok.

6. Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kembali menutup kegiatan pendakian mulai 28 Desember 2020 – 31 Januari 2021.

Penutupan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem serta untuk pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian TNGGP.

Penutupan ini bisa diperpanjang jika pada 1 Februari 2021 cuaca dirasa masih buruk berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatoglogi dan Geofisika (BMKG).

Baca juga: Dianggarkan 5 Miliar Untuk Mobil Baru Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Mobil Apa?

Halaman selanjutnya

7. Gunung Slamet

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved