Tempat Makan di Kota Jambi

Santap Siang, Coba Menu Andalan Rumah Makan Pondok Purnama Ada Gratis Es Teh

Santap Siang, Coba Menu Andalan Rumah Makan Pondok Purnama Ada Gratis Es Teh Lho

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
Wahyu Herliyanto/Tribun Jambi
Santap Siang, Coba Menu Andalan Rumah Makan Pondok Purnama Ada Gratis Es Teh 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI – Ada banyak tempat makan di Kota Jambi untuk kegiatan bersantap.

Kali ini rekomendasi tempat makan di Kota Jambi ada di Rumah Makan Pondok Purnama.

Rumah makan Pondok Purnama ini memang banyak dijadikan masyarakat untuk bersantap siang. 

Baca juga: Rekomendasi Cincin Kawin, Toko Emas Sumatera Kota Jambi Menerima Pesanan

Warung makan ini beralamat di lorong Purnama, Rumah makan ini memang memiliki konsep prasmanan sehingga setiap konsumen bebas menentukan banyaknya nasi dan lauk yang dipilih.

Selain berkonsep prasmanan yang menambah keunikan dari rumah makan ini adalah menunya yang khas Nusantara tetapi sedikit sekali menu bersantan di sini.

Alih-alih menyuguhkan menu dengan aneka olahan santan seperti rumah makan kebanyakan. Rumah makan ini justru menjadikan tumis pucuk kates menjadi menu andalan.

Baca juga: Awal Tahun 2021 Waktu Yang Tepat Untuk Investasi Emas, Model Ini Dicari Konsumen

Pucuk kates yang terkenal pahit, di rumah makan Pondok Purnama ini disulap menjadi menu yang sangat menggoda. Rasa pahit dari pucuk kates masih tetap ada, tetapi tidak menjadi ciri khas dari makanan ini.

Selain itu, Ayam goreng kampungnya juga menjadi manu primadona di sini. Dagingnya begitu lembut ketika disobek dan sangat empuk ketika berada di dalam mulut namun ada sensasi crispy.

Di satu sisi, porsi ayam kampung ini lumayan besar, dengan ukuran setengah dari satu ekor ayam kampung remaja.

Menu ayam goreng ini disajikan dengan sambal daun kemangi segar sebagai pelengkap menu khas Nusantara ini. Rasa daun kemangi yang kuat menjadikan sambal ini memiliki citra rasa yang unik.

Baca juga: Ketahui Mitos Menarik Ikan Cupang, Menyerang Ikan Lain Hingga Kesepian

Menu selanjutnya yang menjadi favorit konsumen adalah belut sambal ijo. Rumah makan ini menggunakan belut besar yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Sehingga ciri khas belutnya sudah tidak kelihatan lagi.Sepintas malah terlihat seperti ikan lele.

Dibalur dengan cabai hijau yang digiling kasar, belut sambal ijo ini menghadirkan aroma khas yang dapat mengundang selera makan.

Walaupun menggunakan sambal hijau, tapi menu ini tidak terlalu pedas, karena yang digunakan cabai keriting yang masih hijau. Bukan cabai rawit yang terkenal pedas itu.

Gulai rebung juga menjadi andalan dari rumah makan ini. menu yang jarang ditemukan di tempat lain ini juga sering habis seperti tumis daun kates.

Dayteti Pirta pemilik Rumah Makan Pondok Purnama mengatakan dia banyak mendapatkan masukan dari konsumen untuk menambah porsi dari dua menu ini.

“ kita bukannya tidak mau menambah porsi dua menu itu, tapi untuk mencari bahan baku dengan kualitas baik menjadi kendala kita,” katanya kepada Tribunjambi.com beberapa hari yang lalu.

Baca juga: Warung Basyaiban, Tempat Makan di Kota Jambi Andalkan Masakan Rumahan

Selain menu di atas, rumah makan ini masih memiliki beragam menu pilihan yang tidak kalah sedapnya. Seperti gulai kambing, ikan nila bakar, ikan sambal, ayam sambal, ikan laut bakar, ayam bakar dan menu-menu khas nusantara lainnya.

Tidak terkecuali menu seafoodnya. Untuk menu seafood, cumi gorengnya patut dicoba, sama seperti ayam kampung goreng. Menu juga ditemani oleh sambal daun kemangi. Tapi jika konsumen tidak  suka dengan sambal kemangi bisa menggantinya dengan sambal yang lain.

Kultur masyarakat Sumatera yang doyan sambel dijawab dengan berbagai aneka sambal di rumah makan ini. ada banyak pilihan sambal di sini tidak hanya sambal daun kemangi tapi ada juga sambal terasi dan aneka sambal yang lainnya.

Untuk harganya sendiri, rumah makan yang sedikit sekali menggunakan dinding ini mematok harga yang pas di kantong, untuk satu porsi makanan disini dibanderol mulai dari Rp 20 ribuan.Harga tersebut sudah termasuk es teh sepuasnya.

Rumah makan ini memang menggratiskan es teh sepuasnya untuk pelanggan, dengan syarat ambil sendiri yang merupakan ciri khas konsep rumah makan prasmanan yang dihadirkannya.

Namun yang menginginkan aneka jus, Rumah Makan Pondok Purnama juga menyediakannya tapi tidak gratis es teh.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved