Makanan Khas Jambi

5 Makanan Khas Merangin, Jambi Yang Patut Anda Coba, Namanya Unik-Unik

5 Makanan Khas Merangin, Jambi Yang Patut Anda Coba, Namanya Unik-Unik,Ada Kemumu

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
zoom-inlihat foto 5 Makanan Khas Merangin, Jambi Yang Patut Anda Coba, Namanya Unik-Unik
Istimewa
Gelamai Perentak/5 Makanan Khas Merangin, Jambi Yang Patut Anda Coba, Namanya Unik-Unik

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Tak hanya wisata alam, Kabupaten Merangin  Provinsi Jambi juga terkenal dengan makanan khasnya.

Berikut 5 Makanan Khas Merangin yang bisa anda cicipi jika berada di  sana.

1. Gulai Ikan Semah

Cita Rasa makanan khas Kota Bangko ini pedas dan gurih karena terdiri dari cabai rawit, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan santan. Untuk membuat gulai yang lezat, dibutuhkan ikan semah berukuran besar. Ikan semah yang masih kecil akan susah untuk dikonsumsi karena masih memiliki duri yang halus dan banyak.

Baca juga: Rekomendasi 8 Jenis Oleh-Oleh Khas Merangin, Cocok Untuk Buah Tangan Anda

Kepala ikan merupakan bagian yang paling diburu. Harga satu porsi gulai kepala ikan bisa mencapai ratusan ribu, sedangkan satu porsi gulai rata-rata seharga mulai dari Rp25.000.

Jika kalian mampir ke Kecamatan Bangko dan ingin mencicipi kuliner khas kota ini, kalian bisa mampir ke Rumah Makan Perentak di Pasar Atas Kota Bangko.

2. Gulai Tekuyung

Makanan Khas Bangko selanjutnya yang bisa kalian coba adalah Gulai Tekuyung. Tekuyung merupakan keong kecil berbentuk ulir kerucut.

Biasanya, hewan ini menempel di bebatuan sungai. Siapa yang menyangka, hewan sungai ini menjadi salah satu kuliner khas kota Bangko.

Cita rasa gulai tekuyung ini seperti gulai yang lainnya yaitu gurih dan pedas. Rasa pedas dari cabai ini berfungsi untuk menyamarkan aroma dan rasa amis dari tekuyung.

Baca juga: Rekomendasi 37 Tempat Wisata Alam di Merangin Yang Bisa Anda Kunjungi, Banyak Air Terjun

3. Lemang

Lemang terbuat dari beras ketan yang diberi santan kelapa. Adonan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam selongsong bambu untuk dibakar. Salah satu kuliner khas Bangko ini memiliki rasa gurih. Karena terbuat dari beras ketan, maka lemang sangat cocok untuk mengganjal perut sesaat setelah berbuka puasa sebelum makan besar.

Kamu bisa membeli lemang di pasar-pasar tradisional di daerah Kota Bangko seperti Pasar Beduk di Pasar Bawah dan Pasar Baru Bangko. Harga perpotong lemang juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp5000 dan Rp35.000 untuk satu batang .

4. Gelamai Perentak

Gelamai Perentak merupakan kuliner khas Kota Bangko, Kabupaten Merangin yang memiliki tekstur dan cita rasa seperti dodol. Pembuatan makanan ini juga menggunakan kuali besi di atas tungku.

Gelamai perentak dikemas dengan anyaman umbai dan berbentuk persegi panjang. Apabila kamu menyimpan di tempat sejuk dan kering, kamu bisa menikmati gelamai perentak hingga 3-4 bulan.

Harga Gelamai Perentak mulai dari Rp13.000 hingga Rp62.000. Kamu bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh di Pasar Atas Kota Bangko.

Baca juga: Rekomendasi 20 Objek Wisata Buatan di Merangin Yang Menarik Untuk di Kunjungi

5. Gulai kemumu

Gulai kemumu adalah Makanan Khas Bangko Merangin selanjutnya yang wajib kamu coba kelezatanya. Kemumu merupakan batang dari tumbuhan keladi.

Tumbuhan ini dapat dibeli di pasar-pasar tradisional di Kota Bangko dan dijual perbatang.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved