Wisata Sarolangun

3 Tempat Wisata Menarik di Sarolangun Boleh Kamu Coba, Lihat Suku Kubu di Kampung SAD

3 Tempst Wisata Menarik di Sarolangun Boleh Kamu Coba, Ada Kampung Madani Suku SAD

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
istimewa
wisatawan bersama warga SAD di kawasan TNBD. 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi terdapat tempat wisata menarik lho.

Berikut ada 3 tempst wisata menarik di Sarolangun boleh kamu coba.

1. Liburan menarik bisa anda coba bersama Suku Anak Dalam (SAD) di Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD).
Kampung Madani SAD.

Baca juga: Menghilangkan Karat Mobil Anda Bisa Memanfaatkan Bumbu Dapur Ini

Jambi memiliki sisi menarik tentang kehidupan sekelompok manusia yang ada di dalamnya. Selain keindahan tumbuhan dan hewan yang ada di dalamnya, di TNBD tedapat sisi unik kehidupan suku anak dalam (SAD) atau sering disebut suku kubu oleh masyarakat setempat. Sesungguhnya, suku kubu ini adalah percampuran suku bangsa suku bangsa dengan suku Wedda atau yang disebut suku bangsa Weddoid oleh para anthropologi.

Baca juga: Traveler Waspada Jika Hujan, Ini Tips Aman Dari Petir, Jangan Berteduh di Bawah Pohon

Saat ini, suku anak dalam yang ada di TNBD sangat terbuka kepaa para pendatang. Bahkan, kehidupan SAD yang ada di sini sempat ditampilkan dalam sebuah sebuah film yang dibintangi Prisia Naution yang berjudul Sokola Rimba.

Bagi Anda yang anti mainstream ingin menikmati sensasi tinggal bersama Suku Anak Dalam datanglah ke taman nasional bukit duabelas. Apalagi Dinas Pariwisata setempat memiliki program wisata semalam bersama Anak Rimba.

Untuk menuju lokasi Taman Nasional jika dari kota Jambi terdapat beberapa Travel dengan biaya mulai Rp100.000, menuju Desa Pematang Kabau Kec. Air Hitam dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan menuju lokasi suku anak dalam berada kurang lebih sekitar satu jam perjalanan.

Memang perjalanan yang melelahkan, namun akan terbayar ketika Anda sampai ke tempat orang Rimba berada. Suasana ramai, anak-anak Rimba akan menyambut Anda. Nah, setelah berada di sini Anda akan menyelami kehidupan orang Rimba yang unik, yang mungkin sbelumnya tak pernah terpikirkan oleh Anda.

Baca juga: Punya Banyak Mi Instan di Rumah, Cobain Kreasi Mi Instan Schotel Yang Bikin Nagih

2. Batang Asai
Batang Asai merupakan nama sebuah kecamatan yang ada di Sarolangun. Dua ikon wisata Batang Asai ialah Batu Tinggi, beberapa ait terjun dan Arung Jeram. Batu tinggi merupakan bebatuan yang ada dipinggiran sungai batang asai yang menjulang tinggi. Sangat indah, itulah kesan pertama saat melihatnya.

Pepohonan yang hijau, kicauan burung, derasnya aliran air dan bebatuan besar membuat Batang Asai menjadi salah satu surga bagi penikmat arung jeram. Tak heran, Batang Asai didapuk beberapa kali menjadi tuan rumah event  arung jeram tingkat nasional. Bagi Anda penggila rafting dan ingin menikmati suasana desa yang asri serta perjalanan darat yang menantang, Batang Asai dapat menjadi daftar salah satu tujuan destinasi wisata Anda.

Baca juga: Rekomendasi 8 Jenis Oleh-Oleh Khas Merangin, Cocok Untuk Buah Tangan Anda

3. Gua Calau Petak
Gua ini terdapat di Desa Bukit Bulan Kecamatan Limun. Gua ini sangat menarik karena sangat panjang dan dipenuhi oleh burung walet. Pintu masuk Goa di Desa Malibung dan keluar dari mulut Goa di desa Napal Melintang. Di dalam goa terdapat titik-titik yang sangat indah dan terdapat aliran air setinggi lutut yang sangat jernih. Penasaran, bagi Anda pencinta alam goa ini cocok untuk menjadi tujuan ekspedisi Anda selanjutnya.
 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved