Ikan Cupang

Mau Campurkan Ikan Cupang, Ini 5 Ikan Yang Bisa Hidup Berdampingan Dengan Cupang

Mau Campurkan Ikan Cupang, Ini 5 Ikan Yang Bisa Hidup Berdampingan Dengan Cupang

Penulis: Rizky Tyas Febriani
Editor: Rahimin
zoom-inlihat foto Mau Campurkan Ikan Cupang, Ini 5 Ikan Yang Bisa Hidup Berdampingan Dengan Cupang
istimewa
Mau Campurkan Ikan Cupang, Ini 5 Ikan Yang Bisa Hidup Berdampingan Dengan Cupang

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Ikan cupang kini sedang buming disua kalangan.

Ikan merupakan salah satu ikan hias peliharaan yang memiliki sikap begitu agresif, karena merupakan bagian dari hewan teritorial alias memiliki kekuasaan atas suatu wilayah yang mereka tinggali.

Sebagai contoh, ketika dua ekor cupang jantan dimasukkan ke dalam satu akuarium yang sama, hal itu bisa memicu pertarungan hingga berakibat kematian satu sama lain.

Baca juga: Warung Makan Zahra, Tempat Makan di Kota Jambi Cocok Untuk Kantong Mahasiswa

Selain itu, dua ikan cupang jantan yang diletakkan bersama pada satu akuarium juga bisa mengakibatkan stres sehingga ujung-ujungnya menyebabkan kematian pula.

Namun, meski ikan cupang jantan tidak bisa hidup berdampingan dengan cupang jantan yang lain, itu bukan berarti ikan cupang tidak bisa hidup berdampingan dengan ikan hias peliharaan lainnya di 1 akuarium.

Jika anda ingin mencampurkan ikan cupang dengan ikan lain, berikut lima ikan yang dapat hidup berdampingan dengan cupang seperti di bawah ini.

1. Neon tetra

Ikan neon tetra cenderung berada di sekitar area tengah akuarium, menjaga jarak dari cupang manapun agar sering akur.

Saat ingin menggabungkan neon tetra dengan cupang, gunakan akuarium besar atau panjang karena tetra adalah ikan berkelompok.

Baca juga: Rekomendasi Bus AKAP Untuk Jadwal Keberangkatan dan Rute Perjalanan Jambi -Pulau Jawa

Dalam hal ini, kamu perlu memiliki minimal 6 ikan neon tetra di dalam akuarium. Namun, sebaiknya kamu memiliki lebih banyak, yakni sekitar 10-12 dan itu sudah cukup.

Setelah akuariummu memiliki banyak ikan warna-warni, kamu akan melihat bahwa memelihara ikan cupang dengan ikan lain bukanlah masalah sama sekali.

Namun penting untuk diingat, kamu harus berhati-hati dengan tetra karena mereka dikenal sebagai penjepit sirip, sehingga kamu tentunya tidak ingin sirip cupang yang halus digigit olehnya.

Neon tetra yang dipelihara umumnya baik-baik saja, namun jika kamu tergoda oleh spesies lain dari keluarga tetra, selalu teliti apakah mereka penjepit sirip atau bukan.

Seekor ikan kecil yang menggigit ekor panjang ikan cupang akan berakhir dengan stres dan kematian.

Baca juga: Cobain Resep Masak Ayam KFC Pakai Rice Cooker, Viral di Jepang

2. Pleco

Pleco atau ikan sapu-sapu hias merupakan ikan yang sangat pemalu, dan mereka cenderung sangat tertutup. Ada berbagai jenis pleco yang bisa hidup bersama cupang, namun, beberapa di antaranya bisa menjadi sangat besar.

Akuarium ikan cupang yang lebih besar mungkin dibutuhkan pada waktunya.
Memiliki pleco dengan cupang adalah kemitraan yang baik karena pleco cenderung menjauh dari ikan cupang.

Saat menggabungkan keduanya, kamu mungkin akan sering menemukan pleco di dasar tangki dan memakan ganggang dari sepotong kayu apung yang pada gilirannya membuat akuarium lebih bersih.

Baca juga: Tahu Gak, Minyak Jelantah di Rumahmu Bisa Dibikin Sabun Lho, Ini Cara Buatnya

3. Glass catfish

Glass catfish atau ikan lele kaca hias adalah spesies yang keren. Ikan lele kaca hias mendapatkan julukan tersebut karena dapat melihat bagian tubuh mereka sepenuhnya, bahkan dapat melihat organ dalamnya.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved