Tol Tans Sumatera

Tol Trans Sumatera Kapal Betung Telah Beroperasi, Ada Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia

Tol Trans Sumatera Kapal Betung Telah Beroperasi, Ada Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
istimewa
Tol Trans Sumatera Kapal Betung Telah Beroperasi, Ada Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia 

TRIBUNTJAMBITRAVEL.COM, JAMBI -Presiden Joko Widodo meresmikan tambahan seksi ruas Jalan Tol Trans Sumatera  Kayu Agung-Kramasan pada Tol Kayu Agung-Palembang-Betung ( Kapal Betung), Selasa (26/01/2021).

Tambahan seksi yang konsesinya dimiliki PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) ini sepanjang 9 kilometer.

Dengan demikian total panjang Tol Kapal Betung yang telah beroperasi menjadi 42,5 kilometer.

Baca juga: Tas Unik Berkarakter Dari Jambi, Bisa Buat Oleh - Oleh Anak di Rumah

Sebelumnya, WST telah mengoperasikan Tol Kapal Betung sepanjang 33,5 kilometer dari Gerbang Tol ( GT) Kayu Agung sampai dengan GT Jakabaring sejak 1 April 2020 dan mulai Selasa ini ruas tersebut telah beroperasi hingga GT Kramasan.

WST adalah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road dengan konsesi total panjang Tol Kapal Betung 111,69 kilometer.

Konstruksi ruas tol ini dimulai sejak bulan Agustus 2016 yang terdiri dari 3 (tiga) seksi, yaitu seksi Kayu Agung-Palembang, seksi Palembang-Musillandas dan seksi Musillandas-Betung.

Baca juga: Hotel ASTON Jambi Raih Penghargaan Traveller Review Awards 2021

Direktur Utama WST Septiawan Andri Purwanto mengatakan Tol Kapal Betung merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Beroperasinya ruas tol hingga Kramasan merupakan lanjutan dari seksi sebelumnya yang terlebih dahulu beroperasi.

"Harapan kami dengan keberadaan ruas tol ini dapat memberikan kontribusi signifikan untuk pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan melalui penyediaan alternatif infrastruktur transportasi bagi para pengendara sehingga mobilitas ekonomi akan meningkat," tutur Septiawan dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (26/01/2021).

Baca juga: Mau Campurkan Ikan Cupang, Ini 5 Ikan Yang Bisa Hidup Berdampingan Dengan Cupang

Menurut dia, WTS akan terus berupaya menyelesaikan konstruksi sisanya sepanjang 69,19 kmilometer sesuai rencana melalui dukungan para pemangku kepentingan.

Direktur Utama Waskita Tol Road Herwidiakto menambahkan, dengan beroperasinya GT Kramasan, maka GT Jakabaring yang bersifat sementara sudah tidak lagi beroperasi.

"Seluruh transaksi pintu tol beralih secara permanen ke GT Kramasan yang terletak di Desa Ibul Besar, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan," imbuh Herwidiakto.

GT Kramasan sendiri dapat ditempuh dalam waktu 40 menit dari Bandara Sultan Mahmud Badarudin II dan Jembatan Ampera.

Baca juga: Cobain Resep Masak Ayam KFC Pakai Rice Cooker, Viral di Jepang

Ruas Kayuagung-Kramasan ini melewati salah satu jembatan tol terpanjang di Indonesia, yaitu Jembatan Ogan dengan panjang 1,7 kilometer.

Jembatan ini dihiasi Ornamen Songket Khas Palembang di sepanjang parapetnya. Tidak hanya itu di sekitar area jembatan dibangun pula Replika Candi Muara Takus yang melambangkan situs sejarah kerajaan Sriwijaya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved