Klenteng di Kota Jambi

Klenteng Hok Tek, Klenteng Tertua di Jambi Simpan Banyak Sejarah

Klenteng Hok Tek, Klenteng Tertua di Jambi Simpan Banyak Sejarah, Masuk Cagar Budaya

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
istimewa
Klenteng Hok Tek, Klenteng Tertua di Jambi Simpan Banyak Sejarah 

TRIBUNJAMBITRAVRL.COM, JAMBI - Klenteng Hok Tek, merupakan klenteng tertua di Jambi.

Menurut keterangan pengurus Klenteng Hok Tek, didasarkan pada adanya bukti tentang usia bangunan rumah ibadah ini. 

Salah satunya seperti terlihat pada papan bertulis yang menyebutkan pertanggalan 154 tahun yang lalu.

Baca juga: Berikut 5 Tradisi Unik Saat Hari Raya Imlek Yang Dilaksanakan Orang Tionghoa

Pada sisi lain dari papan tersebut, tertera penjelasan mengenai seorang yang telah memberikan sumbangan ketika berkunjung ke klenteng pada tahun 2489 Imlek (1838 M).

Bangunan klenteng ini menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Pada masa perjuangan melawan Belanda, bangunan ini pernah digunakan sebagai tempat penyembunyian persenjataan para pejuang rakyat Jambi.

Kelenteng Tuo Hok Tek beberapa kali mengalami renovasi pada tahun 1931, 1970 dan sejak tanggal 4 Februari 1984 kelenteng ini sudah tidak difungsikan lagi sebagai tempat ritual. Renovasi terakhir tahun 1997 tetap mempertahankan bentuk bangunan seperti semula seperti semula karena dianggap sebagai kelenteng pertama di Jambi. Klenteng Hok Tek terletak di Jl. Husni Thamrin, Kelurahan Beringin, Kecamatan Pasar, Kota Jambi. 

Bangunan kelenteng Tuo Hok Tek menghadap timur laut, keberdaan arah hadap berdasarkan letak altar dalam tata ruang bangunan kelenteng Cina selalu menghadap ke arah gerbang masuk halaman kompleks. Bangunan Kelenteng ini berarsitektur Cina, ditandai dengan bentuk atap ruang depan berbentuk jurai dan pelana (hsuan shan), sedangkan ruang utama dan samping atapnya berbentuk pelana dengan dinding tembok (ngang shan). Kedua bubungannya membentuk simbol naga bermahkota bertanduk dan bertaring.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved