Tahun Baru Imlek

Berikut Ide Untuk Dekorasi Rumah, Meriahkan Hari Raya Imlekmu Bersama Keluarga

Berikut Ide Untuk Dekorasi Rumah, Meriahkan Hari Raya Imlekmu Bersama Keluarga

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
zoom-inlihat foto Berikut Ide Untuk Dekorasi Rumah, Meriahkan Hari Raya Imlekmu Bersama Keluarga
Istimewa
Berikut Ide Untuk Dekorasi Rumah, Meriahkan Hari Raya Imlekmu Bersama Keluarga

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Tradisi Imlek disebut Tuan Yuan Fan, atau yang berarti pula makan malam reuni keluarga.

Kegiatan berkumpul keluarga itu tentunya akan berfokus pada ruang keluarga.
Untuk membuat suasana perayaan Tahun Baru Cina terasa lebih meriah dan hangat maka diperlukan penataan interior yang menarik, termasuk pada dekorasi pernak-pernik Imlek yang cantik.

Baca juga: Pasar Hongkong di Kota Jambi, Tempat Berburu Perlengkapan Imlek

Berikut Ide Untuk Dekorasi Rumah, Meriahkan Hari Raya Imlekmu bersama keluarga.

1. Identik Warna Merah.

Selalu didominasi warna merah
Menjelang Tahun Baru Imlek hingga tepat di malam perayaan, beragam pernak-pernik akan dipasang. Hampir semua dekorasi Imlek melibatkan warna merah. Warna merah tersebut merupakan simbol keberuntungan dan kebahagiaan. Penggunaan warna merah tentu akan mendominasi segala bentuk dekorasi hingga pakaian yang dikenakan. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa warna merah adalah simbol kekuatan, kesejahteraan dan keberuntungan.

Baca juga: Kabar Penting, Arab Saudi Larang Warga Indonesia ke Arab Saudi,Keberangkatan Umroh Ditundah

2. Dekorasi Imlek dengan mengganti kap lampu dan lampion

Kap lampu di rumah silahkan diganti dengan lampion warna merah atau kuning emas, mulai dari lampu gantung maupun lampu meja dan lampu berdiri. Jika memiliki kap lampu yang berwarna merah dengan gaya modern, kamu juga bisa menggunakannya. Agar lebih hemat, siapkan kap lampu ini khusus untuk Imlek, jadi kamu tidak perlu beli setiap tahunnya.

3. Hiasan gantung yang bermakna keberuntungan

Aksesoris hiasan gantung berbentuk simpul Cina yang khas lengkap dengan karakter “fu” di atasnya yang berarti kebahagiaan dan kebebasan ini cocok untuk dipasang di tembok, langit-langit atau papan kayu pada setiap sudut ruangan hunian kamu.

Baca juga: Cobain Resep Kolak Kue Keranjang  Khas Imlek, Praktis Dengan Isian Istimewa

4. Gunakan Sticker Dinding

Dekorasi ruang tamu saat hari Imlek selanjutnya adalah menggunakan stiker dinding.
Nah, sama seperti pada desain lainnya, penggunaan stiker dinding tentu menjadi pilihan tepat untuk mengubah suasana dari sebuah ruangan. Kamu hanya perlu memilih stiker bernuansa Imlek dan kemudian menempelkannya pada bagian dinding tertentu.

Ingat! Tidak usah diterapkan pada semua bagian dinding. Cukup pada satu bagian saja. Tapi, akan lebih baik jika menempelkan sticker pada bagian dinding berwarna putih agar nuansa Imlek-nya lebih terlihat.

5. Dekorasi imlek dengan pohon harapan

Pohon harapan umumnya bisa berisi doa dan harapan, maupun digantungi angpau beramplop merah muda dan merah. Letakkan juga beberapa lampion mini di tangkainya. Dan disarankan agar pohon harapan ini diletakkan di meja kalau ukurannya hanya sekitar 1 meter. Hadirnya pohon harapan akan semakin menambah kehangan di Tahun Baru Imlek 2020.

6. Dekorasi Imlek dengan vas bunga

Pohon harapan hanya untuk menghias salah satu sisi rumah. Untuk ruangan lain, agar nuansa Imlek tetap terasa, letakkan beberapa pot rangkaian bunga seperti ini. Pilih bunga yang didominasi warna merah atau merah muda. Rangkai dengan sederhana, tidak perlu menggunakan teknik ikebana yang terlalu ribet.

Baca juga: Cobain Resep Kue Lapis Legit Khas Imlek, Cocok Untuk Hidangan Perayaan Imlek

7. Bonsai dengan berbagai varian warna

Miniatur tanaman bonsai hadir dengan berbagai warna, dan akan memberikan sentuhan berbeda pada perayaan imlek tahun ini. Bukan saja untuk perayaan imlek, hiasan ini cocok untuk cabinet kayu kamu.
 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved