Ucapan Hari Raya Nyepi

Berikut 6 Kumpulan Kalimat Ucapan Hari Raya Nyepi, Baik Digunakan Bagi Umat Non-Hindu

Berikut 6 Kumpulan Kalimat Ucapan Hari Raya Nyepi, Baik Digunakan Bagi Umat Non-Hindu

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
istimewa
Pura Giri Indra Lokha, Kota Jambi/Kumpulan Kalimat Ucapan Hari Raya Nyepi 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI – Hari Raya Nyepi akan berlangsung pada Minggu (14/3/2021). Dalam merayakannya, pertukaran ucapan Hari Raya Nyepi kerap dilakukan baik oleh umat Hindu atau non-Hindu.

Dilansir dari KompasTravel, Guru Besar Pariwisata Universitas Udayana I Gede Pitana mengatakan, sebelumnya tradisi pertukaran ucapan tersebut tidak pernah terjadi.

Baca juga: Rekomendasi 5 Tempat Makan Seafood Khas Perairan Kuala Tungkal

“Pertukaran ucapan selamat untuk hari raya dalam agama Hindu nyaris tidak pernah ada sampai tahun 1990-an. Karena di antara orang Hindu sendiri nyaris tidak pernah ucapkan ke sesama Hindu,” ungkap dia kepada Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Pada era 1990-an, pertukaran ucapan selamat hari raya mulai dilakukan oleh umat Hindu kepada umat lain yang sedang merayakan hari besar keagamaan mereka.

“Nah, artinya pengucapan selamat hari raya di kalangan Hindu, baik untuk sesama maupun untuk umat di luar Hindu, itu adalah tradisi baru,” kata Pitana.

Baca juga: Daftar 6 Kuliner Khas Tungkal, Cocok Untuk Dijadikan Oleh-Oleh

Saling menghormati sesama warga Indonesia

Indonesia memiliki kehidupan yang multikultural. Menurut Pitana, pengucapan selamat hari raya kepada masyarakat di luar agama yang seseorang anut adalah hal yang sangat penting.

Sebab, hal tersebut menunjukkan kepedulian, tanda hormat, dan toleransi mereka kepada sesama warga Indonesia.

“Kalau saya ucapkan Selamat Idul Fitri, bukan berarti saya bukan Hindu dan otomatis jadi Islam. Ucapan hari raya untuk umat lain tidak mengurangi nilai keagamaan terhadap agama yang kita anut,” jelasnya.

Selain itu, tutur Pitana, orang-orang akan merasa senang jika menerima ucapan selamat hari raya saat hari keagamaannya sedang berlangsung. Baik itu melalui kartu pos, status media sosial, atau telepon.

Baca juga: Rekomendasi 5 Minuman Kekinian Untuk Menu Takjil Buka Puasa, Bisa Jadi Ide Jualan Lho, Cobain

Akan tetapi, mereka akan merasa lebih terapresiasi jika ucapan hari raya diberikan secara personal dan menggunakan kalimat sendiri.

Ketika seseorang mengunggah status ucapan hari raya di media sosial, menurut Pitana hal tersebut bukan berarti seseorang tidak perlu mengucapkan kembali kepada orang-orang tertentu.

“Pengucapan lewat hal-hal yang sifatnya massal tidak bisa menggantikan ucapan yang disampaikan secara personal. Jadi, orang yang menerima ucapan di Facebook tidak merasa dirinya diberi ucapan (secara langsung),” katanya.

Baca juga: Rekomendasikan 7 Menu Sarapan Yang Bisa Ditemukan Setiap Warung Pagi di Jambi

Kumpulan ucapan Hari Raya Nyepi

Dalam ucapan Hari Raya Nyepi, Pitana mengatakan bahwa komponennya terdiri dari pengucapan selamat dan harapan.

Sebagai contoh, kamu bisa menulisnya sebagai berikut:

“Selamat Hari Raya Nyepi. Semoga kebaikan-kebaikan akan terjadi di masa yang akan datang. Semoga perayaan ini membawa hal yang baik, dan semoga makna Hari Raya Nyepi dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.”

Menurut dia, jika ingin memberikan ucapan Hari Raya Nyepi, ada baiknya seseorang menggunakan kata-kata sendiri dan bukan copy-paste dari internet.

Baca juga: Suka Mancing, Ini Daftar Kolam Pemancingan di Kota Jambi, Cocok Isi Akhir Pekan

Sebab, kata-kata yang ditulis sendiri adalah kata-kata yang berasal dari hati sehingga pengucapan Hari Raya Nyepi akan lebih bermakna bagi penerimanya.

“Kalau kirim gambar, bisa dari foto sendiri lalu ditulis kata-kata hasil sendiri dan diberi hiasan entah gambar pura, sesajen, bunga, atau apapun. Orang pasti lebih apresiasi kalau bikin sendiri dibanding ambil dari Google,” jelas Pitana.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved