Liburan Saat Hari Raya Nyepi

Berikut Tips Liburan Saat Hari Raya Nyepi di Bali, Awas Jangan Membuat Keributan

Berikut Tips Liburan Saat Hari Raya Nyepi di Bali, Awas Jangan Membuat Keributan

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
zoom-inlihat foto Berikut Tips Liburan Saat Hari Raya Nyepi di Bali, Awas Jangan Membuat Keributan
istimewa
tips liburan saat Hari Raya Nyepi di Bali.

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Nyepi menawarkan sensasi liburan yang berbeda yang seringkali dinantikan oleh wisatawan. Mayoritas penduduk Pulau Bali yang beragam Hindu memang akan berhenti beraktivitas saat Hari Nyepi, membuat pulau ini jadi begitu hening dan sepi.

Suasana yang hening dan sepi ini yang kemudian jadi daya tarik Bali. Banyak yang kemudian sengaja datang ke sana saat Hari Raya Nyepi untuk menikmati suasana yang cukup langka ini.

Baca juga: Mengenal Pura Giri Indra Lokha Kota Jambi, Kampung Bali Yang Ada di Kota Jambi

Jika kamu ingin menghabiskan waktu liburan di Bali pada Hari Raya Nyepi yang tahun ini jatuh pada Minggu (14/3/2021), sebaiknya menaati dan menghormati beberapa aturan penduduk setempat.

Berikut tips liburan saat Hari Raya Nyepi di Bali.

1. Waktu pelaksanaan Nyepi
Nyepi berlangsung selama 24 jam sejak matahari terbit, atau biasanya dimulai pada pukul 06.00 WITA. Tapa brata penyepian akan selesai 24 jam kemudian, yakni pukul 06.00 WITA keesokan harinya.

Di tahun ini, Nyepi akan dimulai pada Minggu (14/3/2021) pukul 06.00 WITA dan berlangsung hingga Senin (15/3/2021) pukul 06.00 WITA.

Baca juga: Mengenal Ikan Malung Khas Perairan Kuala Tungkal, Harganya Jutaan Per Kilo, Ini Keistimewaannya

2. Seksama pilih tiket pesawat
Di Hari Raya Nyepi, mulai dari bandara, pelabuhan, dan juga terminal akan berhenti beroperasi.

Maka dari itu, jika ingin datang ke Bali saat Nyepi, atau bahkan keluar dari Nyepi sebelum Nyepi berlangsung, kamu harus seksama memilih jadwal penerbangan.

Jangan sampai kamu terjebak di bandara. Sebaiknya beli tiket pesawat setelah hari Nyepi. Jika kamu terjebak di bandara saat Nyepi, maka kamu tak bisa keluar dari bandara dan terpaksa menginap di sana.

Saat Nyepi, Bandara I Gusti Ngurah Rai akan tutup mulai Minggu (14/3/2021) pukul 06.00 WITA hingga Senin (15/3/2021) pukul 06.00 WITA. Artinya operasional bandara termasuk penerbangan yang keluar-masuk akan berhenti sementara.

Baca juga: Berikut 6 Kumpulan Kalimat Ucapan Hari Raya Nyepi, Baik Digunakan Bagi Umat Non-Hindu

3. Jangan membuat keributan
Salah satu larangan selama Nyepi di Bali adalah jangan membuat keributan. Sebaiknya tetap jaga ketenanganmu. Jangan menonton televisi, mendengarkan musik, atau berbicara dengan volume terlalu keras.

4. Jangan keluar penginapan
Larangan selanjutnya adalah jangan keluar dari penginapan. Wisatawan akan diperkenankan untuk berjalan-jalan di lingkungan hotel. Jadi, kamu tak serta merta terjebak di dalam kamar. Manfaatkan waktu tersebut untuk mencoba fasilitas hotel.

Jangan nekat bepergian keluar penginapan. Bahkan nekat untuk datang ke tempat umum. Pasalnya, selalu ada pecalang atau petugas patroli adat yang mengawasi. Jika kamu tertangkap keluar dari penginapan, kamu akan digiring kembali ke penginapan oleh mereka.

Baca juga: Rekomendasi 5 Tempat Makan Seafood Khas Perairan Kuala Tungkal

5. Penerangan yang terbatas
Selanjutnya adalah jaga penerangan tetap terbatas. Misalnya, hanya nyalakan lampu di kamar hotel saja. Jika terdapat balkon, jangan nyalakan lampu balkon.

Selain itu, jangan terlalu banyak menyalakan lampu. Cukup nyalakan satu hingga dua lampu kamar saja agar penerangan tetap temaram atau tidak terlalu terang. Tutup rapat tirai kamar agar tidak ada sinar lampu yang tampak dari luar.

6. Hormati proses upacara adat
Saat mengikuti berbagai proses upacara adat, sebaiknya berlaku sopan dan menghormati prosesnya. Misalnya, saat upacara Melasti di pantai, jangan berjalan di depan rombongan umat.

Jangan melangkahi sesajen yang baru saja dihaturkan. Sebaiknya kamu juga tetap mengenakan pakaian yang sopan.

Baca juga: Daftar 6 Kuliner Khas Tungkal, Cocok Untuk Dijadikan Oleh-Oleh

7. Siapkan perbekalan
Selama Nyepi, semua toko tutup. Siapkan perbekalan yang kamu perlukan sehari sebelumnya. Misalnya, obat-obatan ringan yang biasa dibeli di supermarket atau apotek. Kamu juga bisa menyiapkan camilan ringan untuk mengisi perut.

8. Pilih hotel dengan paket makanan
Sebaiknya kamu menginap di hotel yang menyediakan paket makanan. Sudah termasuk sarapan, dan bisa juga menyediakan makan siang sekaligus makan malam. Dengan begitu, kamu tak perlu repot mencari makanan di sepanjang Hari Raya Nyepi.

9. Jika sakit saat Nyepi
Jika kamu merasa sakit dan perlu konsultasi ke dokter, segera laporkan ke petugas hotel untuk menghubungi rumah sakit terdekat.

Nantinya ambulans rumah sakit akan menjemput kamu di penginapan. Pasalnya, kendaraan yang diperbolehkan bepergian selama Nyepi di Bali hanyalah ambulans.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved