Mengenal 4 Suku Asli Jambi

Mengenal 4 Suku Asli Jambi, Orang SAD Paling Awal Datang Ke Jambi

Mengenal 4 Suku Asli Jambi, Orang SAD Paling Awal Datang Ke Jambi, Disusul Suku Kerinci

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
Istimewa
Mengenal 4 Suku Asli Jambi, Orang SAD Paling Awal Datang Ke Jambi 

TRIBUNJAMBITRVEL.COM, JAMBI - Penduduk Jambi terbentuk dari perpaduan berbagai kelompok etnik, baik penduduk asli maupun pendatang.

Suku dan budaya di Jambi terdiri dari penduduk asli Jambi terdiri atas Suku Bangsa Kubu, Kerinci, Batin, Orang Laut atau Bajau, Orang Penghulu, Suku Pindah dan Orang Melayu, Duano.

Baca juga: Mengenal Tangkul, Perlatan Tangkap Ikan Tradisional Jambi Yang Ramah Lingkungan

Sedangkan penduduk pendatang berasal dari Palembang, Minangkabau, Jawa, Batak, Bugis, Banjar dan sebagainya. Selain itu orang-orang Tionghoa, Arab dan India juga merupakan bagian dari pengayaan suku atau asimilasi penduduk Jambi.

Berikut daftar 4 suku asli Jambi dan sejarah singkatnya.

1. Suku Bangsa Kubu atau disebut Suku Anak Dalam (SAD) merupakan suku bangsa yang paling awal datang ke Jambi sekitar 4500 sebelum masehi.

Asal usul Suku SAD masih belum  dapat dipastikan, ada yang berpendapat bahwa SAD merupakan penduduk Sriwijaya yang diserang oleh Kerajaan Chola India, Kerjaan Singosari dan Majapahit.

Baca juga: Daftar 5 Rekomendasi Tempat Makan Mie Ayam Kota Jambi, Enak dan Murah

2. Suku Bangsa Kerinci

Suku ini merupakan penduduk kedua yang datang ke Jambi. Mereka diperkirakan berasal dari Hindia Belakang yang datang melalui Semenanjung Malaka terus ke hulu menyusuri Batanghari mencari daerah subur yaitu Kerinci. Perpindahan ini terjadi sekitar pada 4000 sebelum masehi.

3. Suku Batin, Penghulu dan Suku Pindah.

Suku ini mendiami Kabupaten Sarolangun, Merangin, Bungo dan Tebo. Suku Batin berasal dari daerah pegunungan sebelah barat seperti Kerinci. Diperkirakan perpindahan itu terjadi sekitar abad pertama masehi.

Setelah daerah tersebut didiami orang-orang Suku Batin, pada abad 15 datang orang-oramg Penghulu yang berasal dari Minangkabau. Mereka datang karena tertarik dengan tambang-tambang emas yang banyak terdapat di daerah tersebut, seperti Liman, Batang asai, Nibung, Pangkalan Jambu dan Ulu Tabir.

Kemudian setelah itu datang pula orang-orang Rawas dari Palembang yang disebut orang Pindah.

Baca juga: Jadwal Imsakiyah Bulan Ramadhan 1442 Hijriah Wilayah Kota Jambi 2021

4. Suku Melayu

Suku ini diperkirakan datang ke Jambi pada 3500 sebelum masehi. Mereka berasal dari Hindi Belakang yang mendiami daerah Kabupaten Batanghari, Bungo, Tebo, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Pola kehidupan Suku Melayu mirip dengan Suku Batin yang hidup dari hasil pertanian. Sedangkan Suku Bajau dan Orang Laut merupakan penduduk pendatang terakhir yang hidup dan mengembangkan kebudayaannya di daerah tepi pantai. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved