Danau Sipin

Wisata Murah Meriah di Danau Sipin Kota Jambi, Bisa Belajar Buat Batik

Wisata Murah Meriah di Danau Sipin Kota Jambi, Bisa Belajar Buat Batik Khas Jambi

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
istimewa
Wisata Murah Meriah di Danau Sipin Kota Jambi, Bisa Belajar Buat Batik Khas Jambi 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Budaya masyarakat lokal di objek wisata Danau Sipin yang sangat menarik bisa anda kunjungi.

Berikut ada dua ragam budaya lokal yang dapat ditemui oleh para pengunjung saat berada area danau tersebut. Diantaranya :

1. Aktivitas Masyarakat Nelayan
Khazanah tradisi lokal Danau Sipin salah-satunya adalah aktivitas masyarakat nelayan. Mereka memiliki tradisi budidaya ikan tawar dengan sistem keramba yang disebut dengan Keramba Jaring Apung. Jumlah keramba tersebut sangat banyak, kurang lebih 1.200 keramba.

Baca juga: Ada Pemandangan Indah di Taman Bunga Talang Bukit Batanghari, Hilangkan Lelah Saat Berkendara

Alat yang digunakan untuk menangkap ikannya disebut dengan tangkul. Sebuah alat yang terbuat dari bambu yang kemudian dirangkai dan dibentuk dengan jaring yang ditempatkan di ujungnya.

Ada sebuah nilai positif yang dianut oleh masyarakat nelayan tersebut. Tangkul bertujuan mengontrol populasi ikan yang hidup di dananu tersebut, dan tangkul hanya untuk menangkap ikan besar saja. Jika ada ikan kecil yang masuk maka akan dilepaskan kembali.

Sebuah nilai budaya yang mengandung arti bahwa manusia tidak boleh serakah, harus senantiasa mejaga keselarasan dan keseimbangan hidup dengan alam.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Karat di Mobil, Ternyata Bisa Pakai Bumbu Dapur Lho!

2. Aktivitas Membuat Batik Khas Jambi
Saat para lelaki atau suami berangkat mencari nafkah sebagai nelayan, maka para perempuan atau para istri mencoba membantu menambah penghasilan rumah tangga mereka dengan cara membuat batik khas daerah Danau Sipin.

Batik yang dihasilkan memiliki ciri khas, yaitu tidak memakai pewarna dalam proses pembuatannya. Warna yang dihasilkan berasal dari kulit buah-buahan yang diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan warna yang bagus.

Baca juga: Wisata Akhir Pekan di Pasar Keramik Sitimang Kota Jambi, Belanja Keramik Berkualitas Harga Murah

Terdapat banyak sekali fasilitas penunjang di sekitar Danau Sipin yang akan menambah kenikmatan pengunjung. Diantaranya penginapan atau hotel, serta beberapa area taman bermain.

Harga Tiket Masuk Danau Sipin
Harga tiket masuk danau Sipin gratis, hanya saja pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Dan untuk tiket lanjutan seperti naik perahu dikenakan tiket Rp. 5.000 per orang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved