Tradisi Saat Ramadhan

Masih Tradisi Saat Ramadhan di Jambi, Berikut Panduan Bacaan Tahlil Serta Doa Ziarah Kubur Singkat

Masih Tradisi Jelang Ramadhan di Jambi, Berikut Panduan Bacaan Tahlil Serta Doa Ziarah Kubur Singkat

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
Dokumen poto
TPU Talang Dari Kota Jambi 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI- Membaca bacaan doa tahlil dan ziarah kubur singkat merupakan suatu anjuran dari baginda Rasulullah SAW.

Tribunners bisa melakukan ziarah kubur dengan doa tahlil dan doa zikir secara singkat di sebuah (Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Baca juga: Wisata Sungai Napal Muaro Jambi, Viral Banyak Dikunjungi Wisatawan, Cocok Untuk Lokasi Piknik

Dilansir dari Buku Mari Ziarah Kubur, Abdurrahman Misno (2020:3), Nabi Muhammad SAW pernah melakukan ziarah ke makam ibunya yang terletak di Abwa, Madinah.

Hal ini sesuai dengan hadist yang terjemahannya sebagai berikut:

“Nabi Muhammad SAW berziarah ke makam ibunya. Lalu beliau menangis dan menangislah orang-orang yang ada di sekitarnya. Nabi bersabda: ‘Aku minta izin kepada Tuhanku untuk memohonkan ampun kepada ibuku, namun Dia tidak memberikan izin kepadaku.

Baca juga: Wisata Sungai Napal Muaro Jambi, Viral Banyak Dikunjungi Wisatawan, Cocok Untuk Lokasi Piknik

Dan aku meminta izin untuk berziarah ke kuburannya, maka Dia memberi izin kepadaku. Maka dari itu, berziarahlah kalian ke kuburan-kuburan karena ziarah itu mengingatkan kita pada kematian.” (HR. Ibnu Majah, Muslim, Ahmad, dan lainnya".

Berdasarkan hal tersebut, maka sudah jelas bahwa umat muslim memang diperbolehkan untuk melakukan ziarah kubur. Namun, dengan catatan untuk mendoakan orang yang telah meninggal dan untuk mengingatkan pada kematian.

Baca juga: Wisata Berkuda Al Fursan Stables, Wisata Menarik di Jambi, Bisa Belajar Menunggangi Kuda

Karena sudah m enjadi tradisi di Jambi, berikut panduan bacaan doa zikir dan ziarah kubur singkat.

Dalam melakukan ziarah, Anda tidak 
harus membaca doa yang panjang seperti halnya yang dibaca para ulama’. Adapun Anda boleh membaca doa ziarah kubur singkat, diantaranya sebagai berikut:

Assalamu’alaikum ahlad-diyaar minal mu’miniina wal muslimin. Yarhamulloohul mustaqdiminia minna wal musta’khiriin. Wa inna insya allahu bikum la-laahiquun wa as alullaaha lana walakumul ‘affiyah.

Artinya: “Semoga keselamatan tercurah pada kalian, wahai penghuni kubur. Semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. In sha Allah, kami akan menyusul kalian. Maka saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.” (HR. Ahmad, Muslim, Ibnu Hibban dan lainnya).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved