Ada Tiga "Talun" Air Terjun Alami di TNBD Bisa Jadi Petualangan Asyik, Sambil Lihat Orang Rimba

Ada Tiga "Talun" Air Terjun Masih Alami di TNBD Bisa Jadi Petualangan Asyik, Sambil Lihat Orang Rimba

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
istimewa/tn_bukitduabelas
Objek Wisata Talun Duo Kalembae di Sarolangun/TNBD 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD), ternyata banyak memiliki masih banyak memiliki keindahan bentang alam yang masih alami.

 

 

Kawasan hutan Bukit Duabelas menjadi Lindungan Dan Cagar Biosfer.

Baca juga: Perkebunan Teh Kayu Aro Kerinci, Cocok Untuk Fotografi Alam Kekinian

Sebagai tempat hidup Orang Rimba yang sudah lama tinggal di kawasan tersebut dan baik satwa maupun fauna dan la asam wisata alam air terjun masih alami.

 

Talun atau yang dikenal air terjun. Terdapat tiga talun yang tersebar di wilayah kerja resort Air Hitan I dan II.

 

Talun berada di Desa Jernih dan  Talun dua  di desa Lubuk Jering.

Baca juga: Berikut Tips Simpel Agar Fotomu Saat Liburan Layak Untuk Diunggah ke Instagram

Kondisi talun-talun tersebut masih relatif alami dan belum dikelola secara profesional sebagai objek wisata oleh Balai TNBD maupun masyarakat.

 

Talun yang berada di desa jernih dapay di tempuh sepeda motor dari batas desa sekitar 45 menit, dengan tinggi air terjun setinggi 2 meter jernih dan memiliki bebatuan.

Baca juga: Wisata Kuliner Kerinci, Rekomendasi 3 Tempat Makan di Pilihan di Kerinci

Talun di desa lubuk jering sedikit jauh butuh waktu sekira 2 jam perjalan kaki dari batas aspal desa. Terdapat 3 tingkat air terjun  berjarak kurang lebih 10 meter. Dengan kondisi yang sangat terjal.

 

Air menitik yaitu air terjun  dengan tinggi 1,5 meter, yang berada di wilayah kerja resort air hitam satu tepat di desa pematang kabau, untuk masuk ke lokasi air terjun butuh waktu waktu mengunakan motor selama 20 menit dan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 45 menit.

 

Saat berjalan ke air menitik pengunjung akan di manjakan dengan jalur pariwisata  yang telah di buat BTNBD. Dan dapat melihat taman yang dilindungi saat menuju lokasi.

 

Kemudian pengunjung dapat melakukan petualangan wisata alam, yakni susur sungai dapat di mengunakan perahu karet ataupun Ketek (perahu kayu bermesin).

 

Pengunjung juga dapat melakukan tracking ke Bukit Pemandangan yang berlokasi di wilayah kerja Resort Air Hitam II, SPTN II Tebo. Pengunjung hutan akan melihat keindahan hutan hujan tropis dari puncak Bukit Pemandangan. (Tribunjambitravel/Wahyu)

 

 

 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved