Awas Salah Memakai Masker, Bisa Berpegaruh Meningkatkan Risiko Terpapar Covid-19

Awas Salah Memakai Masker, Bisa Berpegaruh Meningkatkan Risiko Terpapar Covid-19

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Rahimin
Ig@indra_wiguna95/ilustrasi pakai masker
Kongkow Sore di Gentala Arasy Ancol Kota Jambi, Banyak Kuliner Jajanan, Cocok Untuk Ngabuburit TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Keindahan Museum Gentala Arasy Di Jambi Liburan ke kota Jambi serasa tak lengkap jika belum mengunjungi museum yang satu ini. Tempat ini dijadikan lokasi kongkow sore oleh masyarakat di sekitaran Gentala Arasy Ancol Kota Jambi. Di sini banyak kuliner jajanan, cocok untuk ngabuburit. Bernama Gentala Arasy yang merupakan museum budaya yang populer sebagai simbol Islam di Kota Jambi. Gentala Arasy sendiri merupakan singkatan “Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti”, yang merupakan sebagai persembahan kehormatan untuk mantan gubernur Jambi yang berasal dari Kota Seberang Jambi. Museum ini diresmikan pada 28 Maret 2015 oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Menara Gentala Arasy dibangun di kawasan cagar budaya Kota Seberang Jambi yang menjorok ke pinggiran Sungai Batanghari. Museum ini menjadi rumah bagi ratusan koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan Islam di Jambi. Pada sisi luar museum ini terdapat jembatan yang diberi nama pedestrian yang masih satu kesatuan dengan Museum Gentala Arasy. Jembatan ini sering digunakan masyarakat untuk bersantai dan kongkow bersama keluarga. Pada waktu sore hari, tempat ini lumayan ramai. Di halaman Menara Gentala Arasy, juga terdapat relief dua dimensi perjalanan penyebaran Islam. Di atas bangunan menara juga terdapat jam besar yang mengadopsi menara jam di Makkah. Tempat ini sering dijadikan masyarakat bukan hanya berwisata tetapi juga mengetahui sejarah. Di sekitaran menara juga telah berdiri kios-kios yang merupakan sentra wisata untuk menyuguhkan aneka kuliner khas Jambi dan masakan dari beberapa daerah lain di Indonesia. Gentala Arasy, berlokasi di Arab Melayu, Pelayangan, Arab Melayu, Pelayangan, Jambi. Jam kunjungnya sendiri mulai dari hari Senin – Jumat pukul 8.00-16.00 dan Sabtu – Minggu pukul 8.00-13.00. Untuk masuk ke museum dikenakan tarif masuk yaitu untuk anak sebesar Rp 1.500 dan dewasa Rp 2.000. 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI -Ahli mengingatkan, salah memakai masker justru bisa meningkatkan risiko Anda terpapar Covid-19.

 

Dalam upaya menekan risiko transmisi infeksi varian baru Covid-19 yang disebut progesif menular lebih cepat, memperparah kondisi, hingga berpeluang re-infeksi, masyarakat diminta jangan asal memakai masker sembarangan.

Baca juga: Dendeng Batokok Pusako Empat, Tempat Makan Khas Kerinci Banyak Sediakan Menu Andalan

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bhakti Wara, dr Nafiandi SpPK  dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

 

“Seseorang sangat riskan terpapar Covid-19, jika jenis masker yang digunakan salah, cara memakai dan membuka masker salah, sering memegang masker waktu dipakai terutama bagian depan, serta tidak menjaga jarak, karena tetap berisiko terinfeksi walaupun sudah memakai masker,” kata Nafriandi.

 

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Coba dan Nikmati Racikan Kopi dan Teh Mea, Banyak Variannya

Lantas, bagaimana menggunakan masker yang benar?

 

Seperti diketahui, penularan Covid-19 ini melalui 3 jalur yaitu inhalasi (terhirup), deposisi (terpercik), dan kontak langsung (sentuhan) terhadap virus yang terkandung di droplet, partikel aerosol (airborne), ataupun permukaan benda-benda yang terkontaminasi dari cairan respirasi orang yang terinfeksi positif Covid-19.

Halaman selanjutnya

 

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved